Persemian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Universitas Singaperbangsa Karawang

Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas), membuka secara resmi Galeri Investasi BEI (GIBEI) Unsika sekaligus mengadakan Seminar Nasional dengan tema Merdeka Investasi di Tanah Industri, Kamis tanggal 29 Februari 2024 di Karawang, Jawa Barat. Hal ini adalah langkah nyata untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan di kalangan kampus Unsika, masyarakat Karawang, hingga Jawa Barat.

Dalam acara tersebut dihadiri Rektor Unsika Prof. Dr. Ade Maman Suherman dan jajarannya, Pendiri galeri investasi Unsika Assoc. Prof. Dr. H. Sonny Hersona, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Unsika Assist. Prof. Dr. Dede Jajang Suyaman, PLH Sekda Kabupaten Karawang Dr. Eka Sanatha, Pengawas Senior Deputi Direktur LJK 5 OJK Provinsi Jawa Barat Tjandra Nyata Kusuma, Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi, serta Direktur Utama PT Surya Fajar Sekuritas Steffen Fang.

Diresmikannya GIBEI Unsika pada hari ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang pentingnya inklusi dan literasi keuangan yang diungkapkannya dalam acara Pertemuan Industri Jasa Keuangan bersama OJK, 20 Februari 2024 lalu. Presiden Jokowi menyebut bahwa setiap pihak terkait perlu mendorong agar inklusi dan literasi keuangan terus menjadi salah satu prioritas untuk diperkuat dalam menjaga kesehatan industri keuangan.

Pembina GIBEI Unsika Assoc. Prof. Dr. Gusganda Suria Manda memaparkan bahwa hadirnya Galeri Investasi ini diharapkan dapat memberikan sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi dan masyarakat karawang, hingga Jawa Barat. GIBEI Unsika yang berkonsep 3 in 1 yang merupakan kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas diharapkan juga tidak hanya memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi juga prakteknya. Kedepannya melalui GIBEI Unsika yang menyediakan real time information untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di pasar modal. GIBEI Unsika diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis atau alternatif investasi.

GIBEI Unsika tidak hanya mencari investasi yang besar saja, tetapi juga benar-benar mengedukasi masyarakat. GIBEI Unsika memiliki mitra yang luar biasa, PT Surya Fajar Sekuritas yang senantiasa selalu memberikan support terbaik dengan terus fokus mengembangkan program edukasi yang bernama SOLUSI Pasar Modal yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul di bidang keuangan dan pasar modal.

Selain itu ada juga Program SOLUSI Entrepreneur. Tujuannya adalah menciptakan para enterprenuer yang siap menghadapi tantangan di masa depan, termasuk dalam hal menemukan ide bisnis sampai mencari pendanaan. SOLUSI sendiri adalah akronim dari Sistem-Kolaborasi-Literasi-Edukasi-Inklusi dan Inkubasi. Ke depannya kami (GIBEI Unsika) akan terus berpartisipasi membangun investasi, bukan hanya di kalangan Mahasiswa Unsika, namun juga masyarakat Karawang dalam membangun perekonomian. Karawang saat ini telah menjadi kawasan industri yang penting bagi perekonomian Indonesia. Perubahan menjadi kawasan industri juga telah mengangkat perekonomian Karawang di mana UMK Kabupaten Karawang merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu Universitas Singaperbangsa harus dapat menjadi garda terdepan untuk memajukan Karawang dalam hal investasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *