Bukan Di Mall,Forum Genre Jawa Barat Kibarkan Bendera Harganas di Puncak Gunung Ceremai

Sumber Instagram bkkbnjawabarat #SobatBKKBN

Jawa Barat-Ketua Tim Kerja Balnak, Elma Triyulianti, yang juga selaku Mentor Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat hari ini melepas Tim Ekspedisi Pendakian dan Pengibaran Bendera Harganas di Puncak Gunung Ceremai bertempat di Balai Desa Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, (27/06/2023).

 

Tim pendaki yang dimaksud terdiri dari 12 orang personel yang berasal dari Saka Kencana dan Forum Genre Jawa Barat, serta dipimpin langsung oleh Sekretaris @dppkbp3a_kab.kuningan, Alfalah Shiddieqy Arifin. Yang mana beliau juga merupakan pegiat kelompok pecinta alam “AKAR” (Anak Kuningan Alam Rimba). Dipilihnya Gunung Ceremai tidak lain karena ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Barat dengan tinggi 3.078 mdpl.

 

Sesaat sebelum melepas tim, Elma berpesan bahwa kegiatan ini mendi simbol dukungan terhadap program prioritas nasional yang kini diemban BKKBN, yaitu percepatan penurunan stunting.

 

“Dalam mencapai keluarga bebas stunting itu butuh usaha, butuh ikhtiar. Sama halnya dengan mendaki Gunung Ceremai, butuh tenaga yang tidak sedikit, butuh strategi, butuh kolaborasi.” tutur Elma.

 

Menurut data yang disampaikan Kepala Dinas PPKBP3A Kab. Kuningan, Trisman Supriatna yang juga hadir mengantarkan tim, melaporkan bahwa dari data SSGI 2022 prevalensi stunting di Kab. Kuningan berada di angka 19,4%. Sedangkan berdasarkan data bulan penimbangan balita Februari 2023 dan ePPGBM, di Kuningan terdapat 5.356 kasus, atau 7,7% dimana Kec. Cigugur termasuk kecamatan dengan kasus tinggi, ada 213 kasus stunting dan di Desa Cisantana, ada 34 kasus stunting.

 

Selain kegiatan ekspedisi, juga dilaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti sosialisasi dan edukasi kesehatan reproduksi, gizi dan anemia bagi para remaja. Lalu, Sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi keluarga-keluarga yang memiliki bayi di bawah dua tahun (Baduta)

“Semoga kebulatan tekad kita, kegigihan kita mendaki dan mengibarkan bendera Harganas di Puncak Gunung Ceremai betul-betul mencerminkan sejauh mana kegigihan kita dalam percepatan penurunan stunting,” tutup Elma sambil melepas tim di Jalur Pendakian Palutungan. (IHQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *