Dua Balita Pengidap Gizi Buruk di Jengkuk Langsung Bupati Karawang

KARAWANG, – Bupati Kabupaten Karawang menjenguk dua balita mengidap gizi buruk yang saat ini tengah diberikan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang. Rabu,(8/3/2023)

Kedatangannya tersebut turut didampingi oleh Dirut RSUD Karawang, Dinas Kesehatan Karawang, Baznas Karawang dan juga para dokter.

Bupati Kabupaten Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan, kondisi kedua balita F (2 tahun) dan MR (5 bulan) berangsur membaik dan telah dilakukan perawatan secara intensif di RSUD Karawang.

“Alhamdulillah, saat ini keduanya tengah dirawat dan kondisinya berangsur membaik,” kata Bupati. Rabu,(8/3/2023)

Masih kata Cellica, berat badan (BB) kedua balita itu pun mulai bertambah. “Saat pertama kali datang, berat ananda F hanya 6,4 Kg dan kini naik menjadi 6,8 Kg. Begitu juga ananda MR, saat ini beratnya naik menjadi 3,9 Kg,” ungkapnya

Dalam perawatan kedua balita tersebut, sambung Cellica, pihaknya berupaya memberikan perawatan yang khusus. Sebab, katanya, kedua balita itu juga memiliki dua penyakit penyerta yakni, untuk Ananda F didiagnosa menderita TB paru, Meningitis dan Cerebral Palsy. Dan ananda MR menderita atresia billier.

“Untuk sesak dan batuk yang diderita ananda F, telah kami berikan asupan obat-obatan dan untuk penanganan stunting, telah kami beri asupan gizi dan vitaminnya. Kemudian, untuk ananda MR, kami sedang tangani secara intensif sebelum kami rujuk ke RSHS Bandung,” tuturnya

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa, Dalam penanganan stunting di Kabupaten Karawang
Pihaknya mengoptimalkan kerjasama pentahelix dengan seluruh stakeholder yang ada.

“Mulai dari Dinkes, RSUD, Dinsos, Baznas, Polres, Kodim dan elemen masyarakat termasuk menggugah kalangan perusahaan agar ikut aktif mengatasi stunting dan gizi buruk pada balita,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *