Daerah  

Bersama BUMN,Pupuk Kujang Lepas Pemberangkatan Ratusan Pemudik 

Pelepasan pemberangkatan Mudik Gratis Bersama BUMN di Pupuk Kujang

 

Karawang – Ratusan orang warga antusias mengikuti kegiatan mudik gratis bersama BUMN di Pupuk Kujang Cikampek. Sejak Sabtu pagi, para peserta sudah memenuhi helipad Pupuk Kujang untuk bersiap-siap berangkat.

Sebanyak 5 bus dan mobil elf dengan tujuan ke kota-kota di Priangan, Pantura, dan Pansela Jawa Barat telah siaga.

“Kami persiapkan armada bus untuk mengantar masyarakat. Kita sudah cek kondisi bus berikut kesehatan semua driver. Semua dalam kondisi prima. Kita juga sediakan snack untuk penumpang yang berbuka puasa. Tak lupa obat-obatan untuk berjaga-jaga,” ujar Maryono, Direktur Utama Pupuk Kujang saat melepas mudik gratis, Sabtu (6/4/2024).

Berbagai fasilitas itu menjadi alasan warga untuk mengikuti program yang diinisiasi Kementerian BUMN tersebut.

Susilawati misalnya, wanita asal Kalihurip, Cikampek ini mengikuti mudik gratis karena merasakan berbagai manfaat. Salah satunya bisa menghemat ongkos. “Jika biasanya biaya mudik bolak-balik ke kampung halaman mencapai Rp 1 juta lebih, kalau ikut mudik gratis ini kan bisa lebih hemat. Uangnya bisa dipakai untuk kepentingan lain,” ujar Susilawati.

Hal yang sama diungkap oleh Dadang, warga Cikampek. Ia mendaftar mudik gratis bersama BUMN karena tergiur fasilitasnya. “Awalnya saya mau mudik naik motor, tapi setelah dipikir-pikir, mudik bersama BUMN rasanya lebih nyaman. Kita tidak kepanasan, dan tidak perlu khawatir dengan copet. Dengan berbagai fasilitas ini mudik seperti piknik,” ujar Dadang yang akan mudik ke Ciamis .

Untuk diketahui, dalam program mudik gratis kali ini, Pupuk Kujang menyediakan bus tipe High Decker Double Glass (HDGG). Bus jenis ini dilengkapi dengan suspensi udara yang bisa membuat penumpang lebih nyaman. Selain itu, terdapat fasilitas berupa dispenser hingga hiburan entertaiment untuk memanjakan penumpang.

Program mudik gratis merupakan kegiatan tahunan perusahaan jelang idul Fitri. Selain membantu masyarakat untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman, program yang diinisiasi Kementerian BUMN ini diharapkan bisa meringankan beban jalan. Seperti diketahui, mudik lebran tahun 2024 ini menjadi mudik terbesar sepanjang sejarah. Alhasil Beban jalan meningkat drastis saat arus mudik dan arus balik saat ini. Melalui program mudik gratis ini, diharapkan turut mengurangi beban jalan yang tinggi.

Arief Riyadhi, AVP Administrasi Pelaporan dan Keuangan, Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), selaku ketua pelaksana Mudik Gratis Bersama BUMN di Pupuk Kujang menuturkan, tahun ini, awalnya Pupuk Kujang menyediakan 200 kursi mudik gratis. Namun karena animo dan permintaan masyarakat yang masih tinggi, akhirnya kuota penumpang ditambah. “Akhirnya kami tambah dari awalnya 200 penumpang menjadi 250 penumpang,” ujar Arief. (hl/KP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *