Mengenal Paguyuban Asosiasi Motor Honda Cianjur (AMHC) Yang Genap Berusia 14 Tahun

Asosiasi Motor Honda Cianjur (AMHC) berdiri tanggal 14 November 2009, sehingga saat ini tepat pada pertengahan bulan November, AMHC telah menginjak usia 14 tahun.

Cianjur – Komunitas sepeda motor Honda di Kabupaten Cianjur berkembang pesat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor. Untuk memberikan wadah bagi setiap komunitas sepeda motor di wilayah tersebut, terutama para bikers Honda, dibentuklah sebuah paguyuban bernama Asosiasi Motor Honda Cianjur (AMHC).

Paguyuban ini didirikan di Cianjur pada tanggal 14 November 2009, sehingga saat ini tepat pada pertengahan bulan November, AMHC telah menginjak usia 14 tahun. Pendiri-pendiri utama paguyuban ini adalah Bro Yosef (Cianjur Owner Club c70) dan Bro Dade (Cianjur Owner Club c70). Mereka berkolaborasi dengan beberapa klub atau komunitas Honda yang sudah ada pada saat itu, di antaranya Bro Boyan (Beat Bikers Club Cianjur), Bro Otoy (Cianjur Vario Riders Club), Bro Andri (Honda Scoopy Community Cianjur), Bro Adam (Honda City Sport Team Cianjur). Mereka semua merupakan perwakilan dari masing-masing komunitas dan turut menjadi salah satu pendiri paguyuban ini.

AMHC didirikan atas dasar keinginan dari para club dan komunitas pengguna sepeda motor Honda di Kabupaten Cianjur untuk memiliki suatu wadah atau organisasi yang bermanfaat, positif, dan kreatif. Seperti halnya komunitas lain, AMHC juga merumuskan beberapa visi dan misi sebagai pedoman bagi komunitas tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

1. Merangkul, membentuk dan mengarahkan aspirasi Club Motor Honda yang realisasinya terhadap kepentingan masyarakat banyak khususnya anggota dan umumnya masyarakat, serta tidak bertentangan dengan Pancasila, UUD 45 serta peraturan pemerintah lainnya.

2. Menggali potensi/kapabilitas anggota dalam Bidang Otomotif khususnya jenis sepeda motor Honda.

3. Membina persaudaraan dan kerjasama sesama anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya serta hidup gotong royong.

Hingga saat ini, paguyuban AMHC telah memiliki ratusan member dari 18 komunitas dan klub sepeda motor Honda yang tersebar di wilayah Kabupaten Cianjur. Dengan terus meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor Honda, paguyuban ini memiliki potensi untuk terus berkembang dan menjadi lebih besar.

Beragam aktivitas bikers sering menjadi agenda rutin kegiatan AHMC, seperti touring, kopdar dan kegiatan positif lainnya termasuk diantaranya mengikuti event akbar gathering komunitas terbesar se-Indonesia, Honda Bikers Day 2023 di Malang Jawa Timur.

Bersama PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Jawa Barat, paguyuban AMHC turut berpartisipasi dan berkontribusi untuk mewujudkan berkendara yang aman di jalan raya dengan menerapkan kampanye #Cari_aman dengan mengikuti beragam pelatihan dan kompetisi Safety Riding di Safety Riding Center DAM di Bandung.

AHMC juga tergabung dalam Road Safety Partnership Action (RSPA) yang selalu hadir sebagai mitra Kepolisian dalam berbagai kegiatan untuk sama-sama mengurangi tingkat kecelakaan pengendara lalu lintas di Kab Cianjur.

“AHMC mengajak seluruh pengguna Honda di Kab Cianjur, terkhusus yang memiliki hobi berkendara, Touring, Silaturahmi serta sosial untuk bergabung bersama kami, bersama – sama menjaga, merawat dan mengabdi untuk Kab Cianjur dalam bidang Otomotif dalam menciptakan Cianjur yang kondusif dan progresif,” ujar Bro Syaltal Jibril El Husni selaku Ketua Asosiasi Motor Honda Cianjur (AMHC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *