Pupuk Kujang Bersama TNI Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

0
51
 PT Pupuk Kujang terus mendukung segala upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. Baru-baru ini, Pupuk Kujang menyumbang 21,4 ton pupuk kepada petani di Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, ).

Bantuan itu disalurkan untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Bidang Pertanian bersama Mabes Tentara Nasional Indonesia 2022. “Kami siap mendukung program-program yang bertujuan menjaga ketahanan pangan nasional,” kata Ade Cahya Kurniawan, Sekretaris Perusahaan dan Tata Kelola Pupuk Kujang usai menyerahkan bantuan pupuk kepada petani.

Tidak hanya menyumbang pupuk gratis, dalam kegiatan itu, agronom Pupuk Kujang turun langsung, memberikan pelatihan aplikasi pupuk yang tepat kepada petani.

Ade menuturkan, ada tiga jenis pupuk yang disumbangkan perusahaan kepada petani. Yaitu, NPK 30-6-8, Pupuk Excow dan Bion Up. Ketiganya merupakan pupuk non subsidi yang terbukti meningkatkan hasil panen ketika diaplikasikan dengan tepat.

“Aplikasi nutrisi tanaman dan pupuk yang tepat membuat bertani lebih menguntungkan,” kata Siswono, agronom Pupuk Kujang.

Dalam tahapan budidaya padi, nutrisi diberikan sebelum mulai tanam. Petani bisa mengaplikasikan pupuk Excow. Kompos yang terkandung di dalamnya bisa meningkatkan kesuburan tanah.

Setelah itu, petani bisa menyebar Bion Up. Pupuk hayati itu berisi bakteri baik untuk membantu meningkatkan unsur hara. Ketika mulai menanam, petani bisa mengaplikasikan pupuk NPK 30-6-8 yang bisa meningkatkan hasil panen. “Ketiga pupuk tersebut merupakan serangkaian pemupukan berimbang supaya kondisi tanah tetap terjaga dan hasil panen tetap baik,” ujarnya.

Menanggapi bantuan itu, Kolonel Budi Saroso, Paban III, Staf Teritorial Mabes TNI menuturkan terima kasih kepada Pupuk Kujang. Ia berharap, bantuan 21 ton pupuk ini bisa dimanfaatkan petani menghadapi awal musim tanam ini.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk petani. Kami menghaturkan terima kasih kepada Pupuk Kujang yang sudah memberikan bantuan ini,” kata Budi.

>Budi menuturkan, program ketahanan pangan ini tak lepas dari upaya pemerintah mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan di waktu dekat. “Jangan sampai cadangan pangan kita melemah. Kami harap program ini berjalan baik,” ujar Budi.
“>Dalam kegiatan itu, turut hadir Dandim 0604 Karawang yang diwakili oleh Kasdim, Mayor. Inf Jaja Jamaludin, Kapolsek Pedes, AKP Ade Firmansyah, Camat Pedes, Furqon Jalaludin dan perwakilan kelompok tani se-Kecamatan Pedes.