Produk UMKM Kelurahan Palumbonsari Sudah masuk Swalayan dan Hotel

0
88

Karawang -Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang kini sudah mulai bisa di temui di Swalayan dan Hotel.

Berbagai macam produk UMKM kelurahan Palumbonsari, mulai dari Ranginang, opak, Kacang-kacangan hingga kukurma yang jelas rasanya tidak kalah dengan produk luar.

Fitria Yuniawati lurah Palumbonsari mengatakan kelurahan Palumbonsari terdapat lebih kurang 50 UMKM namun ada yang aktif dan tidak aktif “UMKM di sini yang baru terdata hampir 50 tapi ada yang aktif dan ada juga yang tidak, Kata
Untuk meningkatkan dan kemajuan UMKM, Lurah Palumbonsari juga melakukan pembinaan dan pendampingan, selain itu, juga membentuk kepengurusan UMKM yang tentunya pengurus tersebut akan membantu mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Label Halal.

“kita sedang membimbing yang aktif dulu untuk pengurusan PIRT sama halalnya kita dampingi karena di sini kita juga membentuk ketua UMKM nya di Palumbonsari. Nanti ketua yang melakukan pendampingan kemana-mana” jelasnya.

Iapun menjelaskan produk unggulan UMKM yang ada di wilayahnya yaitu Ranginang, Kacang-kacangan yang diolah kukurma dan lain lain yang tentunya kini sudah bisa dibeli di swalayan dan di hotel”

“produk unggulan UMKM kelurahan Palumbonsari yaitu kaya Ranginang, Zamel Snack ini sudah masuk ke Alfamart dan Indomaret sedangkan yang kukurma kemaren sudah menawarkan ke hotel-hotel dan Alhamdulillah sudah diterima di Swiss-Belhotel dan Aksaya”