Program UMKM Juara Untuk Peningkatan Kompetensi UMKM Karawang

0
94

KARAWANG – Sebanyak 162 pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) se-Kabupaten Karawang, mendapatkan pelatihan, pembinaan dan edukasi dari tim pendamping Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, serta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, melalui program UMKM Juara.

Program UMKM Juara tersebut dilaunching oleh Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE di Galeri Nyi Pager Asih Karawang, Senin 6 Juni 2022 pagi. Wabup mengatakan, program UMKM Juara merupakan program untuk peningkatan level dan kualitas produk UMKM ke arah digitalisasi dan modernisasi.

“Tentunya pelaku UMKM ini sudah harus percaya diri. Bahwa mereka itu adalah pebisnis, bukan hanya sekadar pedagang. Jadi nanti ada tim pendamping yang membantu untuk manajemen pemasaran dan peningkatan perluasan jangkauan pasar,” kata Wabup.

Para peserta adalah pelaku usaha kuliner, craft, furniture, dan juga fashion. Menurut Wabup, program UMKM Juara sangat didukung oleh Pemkab Karawang dal pengembangan kompetensi UMKM lokal Karawang. Mengingat, geliat UMKM terbukti menjadi salah satu sektor perekonomian yang cukup kokoh pada saat pandemi Covid-19 dua tahun kebelakang.

Wabup optimis bahwa ke depan Kabupaten Karawang akan dapat menghadirkan startup-startup baru yang terus menambah nilai perekonomian bangsa, untuk menciptalan peningkatan ekonomi disektor UMKM.

Kepala Usaha Kecil Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Tatang Suryana mengatakan, bahwa antusias dari pelaku UMKM dan juga keseriusan Pemkab Karawang untuk meningkatkan kompetensi dibidang UMKM terbukti baik. Tatang mengatakan jika Karawang bisa menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain untuk pengembangan UMKM.(Prokompim)
.
.