HUT PERUMDAM Tirta Tarum ke-35 tingkatan 4K (KUANTITAS, KUALITAS, KONTINYUITAS, KETERJANGKAUAN

0
80

Karawang -peringatan HUT PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang ke-35 kali ini dapat dilaksanakan offlIne meskipun sederhana. HUT PERUMDAM Tirta Tarum ke-35 akan dilaksanakan tanggal 23 Mei 2022 sehingga acara puncak baru dapat dilaksanakan hari ini tanggal 1 Juni 2022.Tema HUT kali ini adalah “Dengan Semangat 35 Tahun Kebersamaan Kita Tingkatkan Kualitas”.

Dirut Perumdam Tirta Tarum M. Sholeh, mengatakan Rangkaian Acara HUT ke-35 dimulai dengan berbagai perlombaan untuk internal pegawai PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang, diantaranya : (1) Pada bulan ramadhan diadakan lomba bersifat religi seperti lomba adzan, (2) Lomba sari tilawah, (3) Lomba tartil, (4) Lomba e-sport PS, (5) Lomba e-sport Mobil Legend dan terakhir acara puncak hari Ini yang diadakan lomba mancing dan hiburan serta pengundian ibadah umroh untuk pegawai PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang. Rangkaian kegiatan tersebut tentunya sangat mempererat silaturahmi dan kebersamaan keluarga besar Perumdam Tirta Tarum.

PDAM telah bertransformasi statusnya menjadi Perusahaan Umum (Perum). Dengan status sebagai PERUMDAM Tirta Tarum diharapkan dapat lebih fokus kepada pelayanan masyarakat dengan pengelolaan yang lebih profesional, efektif dan efisien. Dengan perubahan status ini banyak pula perubahan kepengurusan dan organisasi di PERUMDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang, perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) tentunya diharapkan berdampak positif bagi perusahaan, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Bupati Karawang No 14 Tahun 2022.

Dengan adanya perubahan SOTK ini manajemen tetap dituntut lebih profesional dan bekerja lebih keras lagi, sebab selain fokus kepada pelayanan dan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) tetap berlaku, meskipun ada batasan tertentu cakupan pelayanannya. Peningkatan kualitas meliputi 4 K yaitu kuantitas, kualitas, kontinyuitas dan keterjangkauan.

pencapaian target pelayanan 100.000 pelanggan di masa kepemimpinannya sebagai kelas BUMD Air Minum yang besar dan disegani. Saat ini jumlah pelanggan sudah melampaui 100.000 pelanggan aktif atau meningkat lebih dari 33% di era kepemimpinannya. Bahkan berdasarkan penilaian kementerian PUPR masih tetap sehat dan baik meskipun ditengah pandemi covid-19.

Dengan transformasi PDAM menjadi Perumdam dan perubahan SOTK baru maka tantangan yang dihadapi bukanlah semakin sedikit, akan tetapi semakin banyak, apalagi menghadapi semakin besarnya kapasitas dan jumlah pelanggaran serta kompleksnya permasalahan teknis dan non-teknis. Beberapa permasalahan teknis diantaranya adalah usia perpipaan, usia infrastruktur dan peralatan, kapasitas produksi, kualitas air baku dan kondisi geografis layanan. Sedangkan masalah non-teknis seperti rendahnya tarif, SDM, finansial, IT dan masalah non-teknis lainnya. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi kualitas layanannya.

Demikian juga dengan kondisi Non FCR (Full Cost Recovery) di tahun 2020 dan 2021 hasil audit independen merupakan tantangan manajemen untuk terus eksis ditengah berbagai tantangan tersebut, apalagi setelah terpaan Pandemi Covid-19.

Dengan 11 piala penghargaan selama 2021-2022 dapat menjadi motivasi bagi seluruh manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kesehatan perusahaan. Tentunya hal ini belumlah sempurna, masih banyak tantangan, hambatan, ancaman dan gangguan yang dihadapi untuk mempertahankan prestasi

Setelah tiga tahun pertama fokus penyehatan dan peningkatan jumlah pelanggan, maka tahun 2022 kami bertekad meningkatkan kualitas pelayanan baik dari segi teknis maupun non teknis.

Beberapa capaian hingga tahun 2022, diantaranya adalah (1) Peningkatan jumlah pelanggan lebih dari 33% dalam waktu 3 tahun dari 72 ribu menjadi > 100.000 SR; (2) peningkatan pelayanan dengan konsep One Day Service (ODS) dan One Hour Service (OHS); (3) Tingkat kesehatan perusahaan kategori sehat dan baik 3 tahun berturut-turut; (4) Pelunasan PAD 6 tahun sekaligus tahun 2016-2021; (5) penyelesaian beberapa permasalahan internal dan eksternal (6) kepercayaan mitra dalam kerjasama dan pendampingan dari USAID IUWASH SECO, Water.org, hibah, maupun PPOB; (7) penerapan nilai inti Perusahaan (Best Service) dan transformasi organisasi yang lebih baik. Berbagai capaian tadi tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan Dewas, Bupati, DPRD, OPD terkait maupun seluruh masyarakat. Kedepan PERUMDAM Tirta Tarum Karawang bertekad menjadi perusahaan besar yang disegani baik tingkat lokal, regional maupun nasional.

Dirgahayu Perumdam Tirta Tarum Karawang ke-35 Tahun semoga tetap jaya, menjadi Perumdam terbaik sesuai harapan. Mohon do’anya seluruh masyarakat Karawang