Bupati Cellica Ikuti Bussines Matching Belanja Produk Dalam Negeri dan UMKM 2022

0
50

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengikuti kegiatan Bussines Matching Belanja Produk Dalam Negeri dan UMKM 2022 di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Provinsi Bali, Kamis (24/3/2022) pagi.

Kegiatan tersebut diinisiasi sejumlah Kementerian antara lain Kementerian Perindustrian, Kementerian komarvest, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM.

Bupati menjelaskan, peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri menjadi langkah awal dan strategis untuk mendongkrak perekonomian nasional. Terutama perihal pengadaan barang di instusi pemerintah daerah.

“Saya juga mendorong dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM, PPKL, PLUT, Asosiasi UMKM, dan Gerakan Koperasi untuk dapat berperan aktif dalam melakukan pendampingan, agar UMKM binaannya masuk ke e-katalog atau belanja pengadaan, dan dapat menyusun katalog produk usaha mikro dan kecil dan koperasi,” jelas Bupati.

Pada showcase business matching, kata Bupati, Kementerian Koperasi dan UKM menampilkan UKM high tech untuk menunjukkan keunggulan produk UKM masa depan, yang kaya inovasi dan teknologi.

“Tak lupa, kita juga mendorong agar program ini bisa bersinergi dengan perbankan dan lembaga jasa keuangan lainnya untuk memudahkan Koperasi dan UMKM untuk mendapatkan pembiayaan yang murah dalam kaitannya dengan pengadaan barang dan jasa pemerintah,” katanya.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri (PDN) ini berhasil mencatatkan nilai komitmen belanja produk dalam negeri dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota sebesar Rp214,1 triliun. Sebuah angka yang sangat besar selama 3 hari transaksi. Mudah2an bisa menggerakan roda ekonomi nasional dan daerah,” tambahnya.
.