Tips Perawatan Kendaraan Yang Mudah Untuk Perempuan

0
66

Auto2000.co.id – Saat ini sudah tidak aneh ketika melihat perempuan mengemudi mobil sendiri di jalan. Selain kemampuan mengemudi yang baik, hal lain yang perlu dikuasai oleh perempuan adalah terkait perawatan mobil kesayangan mereka. Perawatan dibutuhkan untuk memastikan komponen mobil selalu dalam kondisi prima untuk menghindari potensi masalah seperti mogok atau kecelakaan di jalan. Berikut langkah perawatan ringan mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Rajin Memanaskan Mesin

Jika mobil jarang digunakan, sebaiknya memanaskan mesin sebanyak 3 kali seminggu atau minimal satu kali dalam seminggu supaya kualitas oli tidak menurun. Mesin yang lama tidak dinyalakan membuat oli mesin mengendap terlalu lama, sehingga begitu mesin dinyalakan akan ada komponen mesin yang seharusnya terlumasi namun tidak terkena pelumasan. Hal ini akan menyebabkan keausan dan mempercepat proses kerusakan mesin mobil. Selain tentunya terjadi proses oksidasi yang bisa merusak formula kimia oli mesin.

2. Cek Kondisi Ban Mobil

Sebelum berkendara di pagi hari, pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan karena akan mempengaruhi kenyamanan, pengendalian, dan keawetan pemakaian ban. Sempatkan memeriksa kondisi ban, apakah terlihat benda tajam atau kerikil menancap pada alur telapak ban yang dapat merusak telapak ban dan membuat ban bocor halus. Termasuk memastikan ketebalan telapak ban masih di atas Tread Wear Indicator (TWI) untuk menjaga daya cengkeram ban. Periksa pula kondisi dinding ban dari potensi sobek atau benjol yang membahayakan jika dipaksakan dipakai.

3. Periksa Kondisi Cairan Mobil

Pastikan cairan mobil cukup sesuai batasan yang ditentukan, seperti air wiper yang penting untuk membantu membersihkan kotoran di kaca depan mobil di musim hujan maupun air radiator untuk menjaga suhu mobil dalam batas optimal. Pastikan level air pada reservoir tank sesuai dengan level yang disarankan sebagai cadangan, termasuk memeriksa ketersediaan minyak rem untuk memastikannya tidak bocor.

4. Cek Oli Mesin

AutoFamily dapat memeriksa kecukupan oli mesin melalui dipstick yang tersedia di sisi mesin. Tambahkan jika kurang dan pastikan selalu mengganti oli mesin setiap 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Lakukan penggantian oli mesin sembari servis berkala di bengkel Auto2000 atau mengorder layanan THS – Auto2000 Home Service untuk memastikan mendapatkan oli baru asli Toyota yang terjamin kualitasnya.

5. Pastikan Fungsi Lampu Mobil

Pastikan seluruh lampu mobil berfungsi normal dan tidak ada yang mati. Seperti lampu depan dan belakang untuk membantu daya pandang di malam hari dan membuat mobil terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Pastikan pula lampu rem menyala untuk menghindari mobil ditabrak dari belakang ketika mengurangi laju. Cara mengecek lampu mobil juga mudah, cukup nyalakan dan lihat bayangan sinar lampu di tembok garasi rumah. Segera ganti jika lampu mobil mati.

6. Bersihkan Kendaraan dari Debu

Bersihkan karpet, jok mobil, dan dasbor dari kotoran, khususnya debu, menggunakan vacum cleaner dan dilap hingga bersih. Selain untuk menjaga kenyamanan, upaya ini juga untuk menjaga kesehatan penumpang karena debu mungkin membawa bakteri atau virus sumber penyakit. Kotoran yang tertinggal di dalam mobil dapat meninggalkan bau tidak sedap dan mengundang binatang pengganggu seperti semut atau tikus, terutama kotoran dari sisa makanan yang tumpah.

7. Jangan Lupa Servis Berkala

Servis berkala memiliki peran penting dalam menjaga kondisi kendaraan. Karena kesibukan, bisa saja servis berkala mobil kesayangan menjadi terlupakan. Sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 memiliki solusinya yaitu layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah pelanggan di waktu yang ditentukan sendiri oleh pelanggan. Semakin mudah, aman, dan nyaman, AutoFamily dapat memesannya via Auto2000 Digiroom.

“Selain kemahiran mengemudi mobil di jalan, kemampuan lain yang sebaiknya dimiliki oleh pengemudi perempuan adalah melakukan perawatan ringan kendaraan yang dapat dikerjakan sendiri di rumah supaya kondisi mobil terjaga dengan baik. Sebagai penghargaan atas jasa perempuan di Hari Ibu, Auto2000 menyediakan banyak program promo servis yang bisa dimanfaatkan lewat Auto2000 Digiroom. Segera kunjungi website Auto2000.co.id untuk memperoleh berbagai promo menguntungkan spesial jelang akhir tahun 2021,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (20/12/2021).

Tanya Bengkel Sambut Hari Ibu

Spesial untuk menyambut Hari Ibu, Auto2000 akan mengadakan acara virtual Tanya Bengkel Spesial Hari Ibu bersama narasumber Indah Yuliana sebagai Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang yang didampingi oleh Sisca dari Innova Community (IC) dan Febi dari Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) dengan mengambil tema Pemeriksaan Penting pada Kendaraan yang Mudah Dilakukan oleh Kaum Perempuan. Acara tersebut dapat disaksikan secara live di akun Instagram Auto2000 ID, pada Kamis, 23 desember 2021 Pukul 12.00-12.30 WIB.

Spesial untuk perempuan, Auto2000 menyajikan program promo yang menguntungkan dalam kemasan Promo Servicetival Digiroom. AutoFamily bisa menggunakan promo perawatan Auto2000 yang dapat dipilih sesuai periode kedatangan servis. Dapat pula memanfaatkan Promo Toyota Flexi Service untuk servis hemat sesuai keperluan dan Paket SPONTAN untuk pengguna Toyota yang jarak tempuh mobilnya telah melewati 50.000 km atau tidak memiliki kuota free service, ditambah Promo Auto Bebas Polusi untuk uji emisi gas buang kendaraan. Silakan kunjungi Auto2000 Digiroom dan mengakses menu Promo untuk mendapatkan paket yang sesuai kebutuhan.