Tokoh Muda Cikampek Angkat Suara Tuntut Pemekaran Kota Cikampek

0
24

Karawang, BeritaNet – Keinginan wilayah Cikampek dimekarkan, menjadi kota madiya, sudah cukup lama disuarakan sejumlah tokoh masyarakat Cikampek.
Terakhir sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan forum Pembentukan Persiapan Daerah Otonomi Baru (PPDOB) Kota Cikampek, gencar menyuarakan wacana pemekaran.

Tak ingin ketinggalan berjuang, tokoh pemuda Cikampek Ricky Sofiyan, S.E angkat bicara, menyuarakan tuntutannya agar Ciampek dimekarkan.

“Sebagai kaum muda yang lahir dan besar di Cikampek, saya mendukung dan mendorong pemekaran Kota Cikampek,” ujarnya kepada BeritaNet.com, Kamis (23/09).

Lebih lanjut Ricky yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Karawang, membeberkan alasan kenapa Cikampek harus dimekarkan.

“Jika Cikampek dimekarkan justru memberikan impact baik, terlebih terhadap penyerapan anggaran yang bersumber dari pusat. Jawa Barat mempunyai luas dan jumlah penduduk lebih besar dari Jawa Tengah dan Jawa Timur seharusnya mampu menyerap lebih banyak anggaran pusat, namun ini sebaliknya,” ungkap Ricky.

“Kenapa penyerapan anggaran pusat oleh Jawa Barat kalah dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, itu karena jumlah Kabupaten/Kota di Jawa Barat lebih sedikit, hanya ada 27 Kabupaten/Kota, dan itu berdampak kepada penyerapan anggaran pusat. Nah, jika Cikampek dimekarkan ini akan dapat menyerap anggaran dari pusat,” imbuhnya.

Terlebih, kata Ricky, akan membentuk daerah otonom merupakan salah satu wacana yang masuk kedalam RPJMD Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat saat ini, Menyusul Bogor Timur dan Indramayu Barat yang menjadi usulan Gubernur untuk Calon Daerah Otonomi Baru di jawa barat.

Ternyata Bupati Karawang di tahun 2019 pernah di minta oleh Pemprov Jabar progres perkembangan usulannya dalam penyiapan persyaratan Daerah Persiapan Pemekaran Kota Cikampek namun tak kunjung ada kejelasan sampai hari ini.

“Merespon usulan Gubernur tersebut, menjadi penguat, agar Pemkab Karawang segera melaksanakan pemekaran untuk Kota Cikampek,” tegas Ricky.

Karena, sambung Ricky, sebagai syarat administrasi, melalui forum PPDOB Kota Cikampek, sejumlah persyaratan sudah dilakukan, untuk terpenuhinya syarat membentuk Daerah Otonom Baru.

“Adapaun syarat yang sudah dilakukan sebanyak 7 Kecamatan sudah siap, dan itu melebihi quota jumlah dimana dalam aturan disebutkan, untuk membentuk DOB minimal 4 Kecamatan, kemudian sebanyak 73 Desa sudah melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait pemekaran Kota Cikampek itu pun sudah,” katanya.

Berdasarkan beberapa hal tersebut, Ricky menegaskan agar Bupati dan Wakil Bupati Karawang bersama DPRD Karawang segera membuat panitian untuk pemekaran Kota Cikampek.

“Kuncinya saat ini ada di Bupati, jika ia mengizinkan dan segera membentuk panitia pemekaran Kota Cikampek, agar pemerataan pembangunan untuk masyarakat di jawa barat khususnya di karawang bisa terlaksana dan bisa mengurangi kesenjangan sosial” tandasnya. (red)