KKN Mahasiswa UBP Karawang Dalam Pengembangan Digitalisasi Marketing UMKM di Desa Kalidung Jaya

0
39

Karawang-Kuliah kerja nyata (KKN) Mahasiswa UBP Kabupten karawang Dalam rangka peningkatan ekonomi kreatif masyarakat dalam  pembuatanproduksi tempe dan pengolaha ikan mujair Desa Kalidung Jaya Kecamatan Cibuaya, Kàrawang

Ketua kelompok Dinda Rahmawati Mengatakan di kuliah Kerja nyata ini kami mengunjungi produksi tempe dan pengolahan mujair presto, Saat Pendemi penjualan produk UMKM dengan sistem digitalisasi sangat efektif dalam kerumunan masa.

Pemasaran UMKM dalam digitalisasi kini sangat mendukung dalam penjualan produk olahan Tempe dan mujair presto yang pemasaran Masih manual salah satunya door to door ke warung-warung dan membuka lapak di daerah pasar dengklok.

Permasalahan pengolahan tempe dan mujair presto ada beberapa penyebab yakni Belum memasuki Digital Marketing,Saluran pemasaran yang masih kuno,Belum ada Branding.

Melalui digitalisasi marketing dapat memaksimalkan penjualan ada dampak perubahan seperti Memperbaiki saluran pemasaran, dan menjadikan branding produk tersebut menjadi lebih dikenal orang banyak.

 

Untuk Branding sebuah produk tidaklah mudah, kita membuat desain dari produk tersebut sehingga memiliki branding untuk di kenal banyak orang. Di karenakan salah satu anggota kami adalah salah satu masyarakat desa tersebut kami di permudah dalam pendistribusian desain tersebut untuk di branfing langsung ke produk tersebut. Berikut adalah contoh Desain dari Branding yang kita lakukan pada produk UMKM Tempe dan Ikan Muzair.

Selain desain produk, kami juga melakukan inovasi dan penyuluhan ke pengelola UMKM terkait inovasi produk Kripik Tempe Kita memberikan penyuluhan sebelumnya produksinya hanya Tempe mentah jadikan berberapa varian agar lebih menarik.

Pengolahan Ikan Muzair Bumbu dalam kemasan kami menyarankan untuk menginovasi produk dengan menyediakan Ikan Muzair Bumbu dalam kemasan. karena sebelumnya penjual hanya menjualbelikan berupa ikan hidup saja dan hanya menjual ke tengkulak, dengan branding tersebut pihak penjual bisa menjual ke siapa saja dan lewat apa saja.

Binaan UMKM kami sudah di daftarkan di salah satu marketplace di Indonesia yakni shoppe, agar penjualan belanja paling tinggi. Digitalisasi Marketing ada beberapa hal yang kami lakukan yaitu Membuat akun media sosial, media sosial akan menjadi promosi yang baik untuk setiap produk, karena dengan promosi tersebut mampu kita melaksanakan jual beli secara online. Untuk itu kami membuat akun instagram dari UMKM yang kami bina.