Begini Yang Dilakukan DLHK Karawang Merespon Cepat Dugaan Pencemaran Akibat Kebocoran Gas di PT Pindo Delli 2

0
74

Karawang, BeritaNet – Respon cepat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang menutup sementara pengisian tabung Gas coustis soda PT Pindo Delli 2, menjadi upaya Dinas menghentikan kebocoran yang berdampak terhadap ratusan masyarakat sekitar diduga keracunan.

Diketahui respon cepat DLHK dilakukan, setelah sebelumnya terjadi peristiwa kebocoran pipa gas coustis soda PT Pindo Delli 2 sampai mengakibatkan warga di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel diduga keracunan sampai harus dibawa ke pusat kesehatan masyarakat sekitar.

“Kaitan PT Pindodeli 2 khususnya plant coustis soda, bahwa dari analisa kami sudah mengeluarkan SK untuk menghentikan sementara pengisian gas klorin tersebut,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Wawan Setiawan melalui telepon Cellulernya.

Lebih lanjut Wawan menyampaikan, fakta dibalik kebocoran gas coustis soda, yang ternyata diketahui bukan milik PT Pindo Delli 2 secara langsung, namun milik perusahaan provider yang menjadi mitra kerja PT Pindo Delli 2.

“Setelah melakukan penyelidikan dengan pihak Kepolisian dari Polres Karawang, ditemukan hanya pada pengisian gas coustis soda saja yang dianggap berbahaya, dan akan ditutup selama 3 hari,” jelasnya.

Selain DLHK dan Polres Kabupaten Karawag, Wawan juga mengaku telah berkoordinasi dengan Disnakertrans Karawang, sebagai Dinas yang mempunyai leading sektor dengan Industri.

“Hal tersebut juga sesuai dengan ranah dinas tenaga kerja, jadi selama 3 hari (Jum’at, Sabtu, hingga Minggu-red) tersebut Ia bersama dinas Tenaga Kerja akan melakukan rapat evaluasi atas kejadian tersebut,” tandasnya. (red)