APRESI Adakan Forum Diskusi Pelayanan Publik yang Bersih dari Pungli

0
13

Karawang-Asosiasi perumahan seluruh Indonesia (APERSI) Fokus diskusi mengenai dengan tema ” pelayanan publik yang di bersih dari pungli untuk Karawang dan Bekasi ‘ yang di hadiri oleh Staf Ahli Kemenko Polhukam Bidang Ideologi dan Konstitusi Irjen, sekejend APRESI dan DMPTSP karawang yang 21 April 2021 di adakan di resinda hotel .

Staf Ahli Kemenko Polhukam Bidang Ideologi dan Konstitusi Irjen Pol Agung Makbul Mengatakan pada 20 Oktober 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang selanjutnya disebut Satgas Saber Pungli. sesuai yang terurai dalam Perpres no.87/2016 Dan No 7/2021 Kep menko Polhukam RI satgas saber pungli

Dalam prespektif tindak Pindana korupsi
Penyebab umum terjadi nya pungli terbatasnya SDM, lemah nya sistem kontrol dan pengawasan oleh atasannya ,Faktor Mental,Faktor Kultural dan Budaya Organisasi

Sanksi yang diberikan kepadaPelaku pungli dapat dikenai dua yakni Pasal 368 ancaman hukumannya penjara maksimal sembilan tahun, sedangkan Pasal 423 ancaman hukumannya pidana penjara selama-lamanya enam tahun.

Sekretaris DPD Apersi Jawa Barat, H. Abun Yamin Syam mengatakan Kita juga melantik ketua DPD Sergap Jawa Barat, Sergap itu apa? Sergap ialah Sejuta Rumah Gerakan Apersi Anti Pungli. Kita akan menampung aspirasi-aspirasi dari teman teman anggota kita,”

Sergap merupakan pokja DPP Apersi, yang bernaung di Menkopolhulam RI, masalah-masalah termasuk pungli-pungli dilapangan,. pihaknya akan mensosialisasikan dan membuat acara khusus mengenai masalah pungli. tujuan Sergap sendiri ialah membantu pelayanan kepada pengembang-pengembang, terkait masalah perizinan, masalah penyelesaian sertifikat, dan lain sebagainya.

“Kita akan hadir disana. Pemasalahan dilapangan banyak, seperti masalah perizinan lambat, pembuatan sertifikat segala macam lambat, peraturan pemerintah melalui PP nomor 64, itu banyak kemudahan-kemudahannya khsusunya untuk masyarakat berpenghasilan rendah.Tim Sergap akan sounding dengan waka polres, selalu saber pungli Kabupaten. Kami himbau kepada seluruh anggota Apersi Jawa Barat dan Indonesia, kami Sergap hadir dan ada untuk anggota Apersi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here