Bulan Ramadhan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta Adakan Tadarus Al-Qur’an

0
10

Purwakarta-Tadarus Al-Qur’an ini dipandu oleh Ustadz Ahmad Munajat dan diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta ataupun yang mewakili.

Selain itu, Tadarus Al-Qur’an juga diikuti oleh ASN pada setiap Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta di Ruang kerjanya masing-masing.

Puasa yang kita jalani harusnya seperti ulat, dimana saat sebelum puasa dan sesudah puasa memiliki beberapa perubahan diantaranya :
1. Namanya berubah, sebelum puasa namanya ulat, setelah puasa namanya menjadi kupu-kupu. Contohnya, sebelum puasa sering berbuat aniaya, bohong, menyalahi janji serta munafik, kemudian setelah berpuasa sifat-sifat itu berubah menjadi menyayangi, jujur, dan menepati janji.
2. Wajahnya berubah, yang dulunya seperti ulat yang menjijikan, sekarang berubah menjadi makhluk yang indah seperti kupu-kupu.
3. Pola makannya berubah, dulunya makan makanan yang kotor dan menjijikan, setelah menjadi kupu kupu dia mengisap madu dari bunga-bunga yang harum.
4. Perilakunya berubah, sebelumnya menjadi hama, sekarang menjadi melestarikan lingkungan.

Jangan sampai puasa kita seperti ular, dimana ular diam di suatu tempat, hingga berganti kulit. Sebelum puasa ular, setelah puasa ular. Namanya, wajahnya, pola makannya, dan perilakunya tetap sama. Ular hanya berganti casing-nya saja. Hari Raya Ied itu bukan dengan baju bagus yang baru, tetapi yang ibadah dan ketaatannya yang berubah.

Selain itu, beliau menceritakan terkait seseorang yang membaca Al-Quran, maka malaikat turun ke bumi, malaikat hanya mempunyai kewenangan untuk mendengarkan bacaan Qur’an, tidak untuk membaca Al-Quran. Adapun kisah tersebut tentang Mushab bin Umair (orang kafir yang menjadi penentang Islam dan penentang pembaca Al-Quran) menjadi masuk Islam dan pecinta Al-Quran. Ketika beliau membaca Al-Quran di dekat kuda, seketika kuda itu gelisah, lalu beliau berhenti membacanya dan kuda itu berhenti gelisah, lalu Mushab membaca Al-Quran kembali dan kuda itu gelisah kembali, lalu Mushab berhenti. Ketika pagi harinya Mushab melihat cahaya di langit. Apabila Mushab tidak berhenti membaca Al-Quran, maka pada pagi hari tersebut seluruh umat atau penduduk disana melihat malaikat di pagi hari.

Semoga dengan membaca Al-Quran, kelak kita mendapatkan syafa’atnya. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here