SMSI Gelar Pelatihan Jurnalistik Gandeng Satbrimob Polda Metro Jaya

0
16

JAKARTA – Guna meningkatkan kemampuan dalam bidang jurnalistik, Satuan Brimob Polda Metro Jaya menggandeng Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) perwakilan Bekasi Raya untuk memberikan pelatihan jurnalistik bagi anggota Satbrimob Polda Metro Jaya, Senin (12/04/2021) siang.

Pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan selama satu hari penuh dengan melibatkan anggota Batalyon A, B, C, D dan Detasemen Gegana dalam Kesatuan Brimob Polda Metro Jaya.  

Dansat Brimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Gatot Mangkurat Putra, P.j., S.I.K dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan Jurnalistik Media Online Transformasi Polri yang presisi merupakan hasil kerjasama antara Satbrimob Polda Metro Jaya dengan SMSI Bekasi Raya.

“Semoga mendukung percepatan dan aktualitas personil polisi dalam menyampaikan informasi kepada pimpinan dan masyarakat,” ungkap Kombes Gatot Amangkurat. 

Dia berharap hasil pelatihan dapat memberikan pengetahuan ilmu jurnalistik kepada para anggotanya yang terlibat. 

“Saya minta para anggota dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat dapat menyempurnakan laporan berupa informasi dan berita yang akurat untuk dipersembahkan kepada masyarakat melalui Media Siber Satbrimob Polda Metro Jaya, Satyajayaphala.id setiap harinya”.

“Maka, dengan ini pada Pelatihan Jurnalistik Media Online Transformasi Polri yang presisi, saya buka,” ungkap Dansat.

Wakil Kepala Pelatihan Satbrimob Polda Metro Jaya, Kompol Puji Raharjo menambahkan, kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar lebih terfokus pada teknik penulisan berita, penggunaan smartphone untuk mendukung reportase dan cara mengupload berita, foto dan video ke media siber Satbrimob Polda Metro Jaya yang diberinama satyajayaphala.id. 

“Penulisan berita atau rilis sesuai dengan standard broadcasting di tanah air,” ucapnya.

Dijelaskannya, pelatihan jurnalistik merupakan wujud sinergitas antara Satbrimob Polda Metro Jaya dengan SMSI Bekasi Raya dalam upaya memberikan informasi yang akurat dan cepat kepada masyarakat.

“Ilmu yang didapat nantinya untuk diaplikasikan ke media siber punya kita,” jelasnya. 

Dalam pembukaan materi jurnalistik, Ketua SMSI Bekasi Raya Doni Ardon mengatakan, teknik jurnalistik banyak digunakan dalam beberapa satuan dan fungsi Polri.

“Aksi dan tekniknya menyerupai, berupa pengumpulan data, penyelidikan, observasi, wawancara dan penyampaian laporan berupa berita,” ungkapnya.

Di hadapan peserta yang hadir, juara karya tulis dan fotografi tingkat Polri itu lalu memaparkan teori jurnalistik, penggunaan smartphone untuk mendukung aktivitas jurnalistik, cara membuat berita dan upload berita langsung ke website satyajayaphala.id. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here