Kabupten Purwakarta-Bertempat di Kampung Cipulus Desa Nagrog Kecamatan Wanayasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Drs. H. Iyus Permana, MM menghadiri Acara Perluasan

Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Purwakarta mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kesediaan dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang telah berkenan untuk menyelenggarakan kegiatan perluasan gemarikan di Kabupaten Purwakarta. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi penanganan stunting di Kabupaten Purwakarta yang saat ini telah dan sedang dilaksanakan.

Kabupaten Purwakarta terdiri dari 17 Kecamatan dan 192 Kelurahan/Desa dengan jumlah penduduk 997.869 jiwa yang merupakan salah satu lumbung ikan air tawar di Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah produksi perikanan pada tahun 2020 mencapai 97.297,71 ton.

Dimana produksi tersebut berasal dari perikanan budidaya di Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata dan kolam air tenang yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Capaian tersebut merupakan upaya bersama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat serta seluruh lapisan masyarakat dalam memajukan pembangunan perikanan di Kabupaten Purwakarta.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan atau GEMARIKAN merupakan kegiatan yang penting dan memiliki banyak manfaat. Terdapat 3 (tiga) hal dari program GEMARIKAN, diantaranya :
1. Menumbuhkan generasi sehat yang bebas stunting dan gizi buruk
2. Meningkatkan sumber daya manusia berdaya saing
3. Mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan perikanan harus dapat mendukung upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan pembudidaya ikan, nelayan dan pengolah ikan sebagai bagian dari upaya menyukseskan program nasional yaitu mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja, serta berusaha meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Perikanan dan Peternakan berperan aktif mendukung perluasan GEMARIKAN baik secara langsung maupun tidak langsung melalui upaya-upaya seperti kegiatan pengembangan budidaya ikan, pengembangan perikanan tangkap, dan pendampingan kelompok-kelompok pengolahan hasil ikan untuk terus meningkatkan kualitas dan produksinya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ( H. Dedi Mulyadi, SH), Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Wilayah Utara, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here