Karawang,- Aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karawang akan disuntik vaksin sinovac secara bertahap di Aula Husni Hamid komplek Pemda Karawang mulai Senin (8/3) dan Selasa (9/3). Pemberian vaksin ini kelanjutan tahap satu yang sebelumnya diberikan kepada para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Karawang.

Hal tersebut dikemukakan kepala BKPSDM yang merangkap sebagai Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang, Asep Aang Rahmatullah dalam sambutan zoom meeting dengan para jajaran ASN bertajuk “Penjelasan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 Bagi ASN” pada Sabtu 6 Maret 2021.

Asep Aang menjelaskan, untuk setiap ASN terlebih dahulu menjalani screening kesehatan sebelum di vaksin. Jika ada penyakit bawaan maka pemberian vaksin harus ditunda atau tidak diberikan sama sekali. Bagi ASN yang tidak bersedia untuk di vaksin akan dikenakan sanksi administratif.

“Pemberian vaksin ini bertujuan untuk melindungi ASN yang bertugas dalam memberikan pelayanan publik agar tidak terpapar covid 19. Vaksin juga sudah mendapat sertifikasi halal dan aman, jadi tak perlu khawatir kalau di vaksin,” kata Asep Aang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, dr. Yayuk Sri Rahayu, MKes mengatakan pelaksanaan vaksinasi wajib protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. “Kami juga sudah siapkan alur pelayanan vaksinasi mulai dari pendaftaran, skrining, pelaksanaan vaksinasi hingga pencatatan dan observasi,” ujar dr. Yayuk.

dr. Yayuk juga menjelaskan, pemberian vaksinasi bagi ASN ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Senin (8/3) dan Selasa (9/3). Untuk hari Senin (8/3) vaksin akan diberikan untuk 412 orang dan Selasa (9/3) sebanyak 573 orang.

Untuk hari Senin (8/3), ASN yang akan divaksin dari Setda sebanyak 154 orang, Bappeda 33 orang, Inspektorat 53 orang, Sekretariat DPRD 49 orang, BKPSDM sebanyak 55 orang, Disdukcapil sebanyak 38 orang dan Wartawan 30 orang. Sedangkan pada hari Selasa (9/3) vaksinasi akan dilaksanakan untuk instansi BPBD sebanyak 248 orang, Disperindag 30 orang, Dishub 150 orang dan Satpol PP sebanyak 145 orang.

“Saya sudah di vaksin, Alhamdulillah tak menimbulkan efek buruk, justru sebaliknya menjadi nyaman. Insya Allah vaksinasi ini aman,” kata dr. Yayuk. (diskominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here