Puskesmas Tempuran Diduga Membuang Sampah Medis Sembarangan

0
13

Karawang – Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, dikeluhkan warga sekitar karena diduga membuang limbah medis berceceran.

Pasalnya, di Puskesmas tersebut diduga, limbah medis menyatu dengan limbah non medis (sampah rumah tangga , Red) yang dibuang dibelakang gedung rawat inap Puskesmas tersebut.

Terpantau, dapat dilihat dengan jelas selang infusan, botol infusan, sarung tangan karet dan masker menyatu dengan limbah non medis. Bahkan yang lebih miris lagi, limbah medis tersebut seolah dibiarkan berserakan, dan tidak dimasukan kedalam wadah plastik kuning yang tentunya harus ditempatkan terpisah.

Sedangkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, telah jelas di atur, bagaimana cara pengelolaan dan penempatan limbah medis dan non medis.

Namun sangat disayangkan Puskesmas Tempuran milik Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang ini justru diduga malah tidak mengindahkan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku.

Adanya limbah medis yang menyatu dengan sampah rumah tangga atau non medis tersebut, Kepala Puskesmas Tempuran bersama Kasubag TU sedang keluar dan begitu juga dengan Kasi Kesehatan Lingkungan.

“Kepala Puskesmas dan Kasubagnya sedang keluar barusan saja” kata salah satu pria di loket pendaftaran gedung depan Puskesmas Tempuran, Kamis (18/02/21).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here