Pemkab Purwakarta Tangani Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)

0
13

Kabupaten Purwakarta – Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri Rapat Evaluasi Program AKI dan AKB Tahun 2021 berlokasi
di Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi, karena di tahun 2020 sudah mengeluarkan 3 (tiga) Keputusan Bupati berkaitan dengan AKI dan AKB. Dimana peraturan ini menjadi dasar untuk kita bergerak dalam menangani Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Di dalam Keputusan dan Peraturan Bupati diperuntukan bagi siapapun dan stakeholder manapun untuk kita menurunkan AKI dan AKB, tidak hanya di Kabupaten Purwakarta, tetapi juga di tingkat nasional.

Bagi bidang kesehatan ini merupakan cerminan kinerja, namun bagi Pemerintah Daerah merupakan langkah atau upaya Pemerintah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan manusia. AKI dan AKB dapat dihindari, namun pada kenyataannya Purwakarta tahun kemarin mengalami kenaikan kasus AKI, tetapi terjadi penurunan kasus AKB.

AKI dan AKB menjadi hal yang sangat penting, berkaitan dengan bidang kesehatan. Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika juga menaruh perhatian khusus dengan cara menambah tenanga kesehatan, bidan, perawat dan fasilitas inovasi yang dibuat Bupati berupa Saung Ambu yang terdiri dari beberapa titik di Kabupaten Purwakarta, yang lokasinya yang jauh dari Puskesmas.

Adapun Keputusan Bupati Purwakarta Nomor : 054.05/Kep.642-Bappelitbangda/2020 tentang Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) Terintegrasi di Kabupaten Purwakarta. Serta Peraturan Bupati Nomor : 054/Kep.637-Bappelitbangda/2020 tentang Penetapan Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) Terintegrasi di Kabupaten Purwakarta. Peraturan tersebut dibuat untuk menyitas lembaga, stakeholder maupun perorangan untuk bersama-sama menurunkan AKI dan AKB.

Terdapat beberapa kecamatan di Kabupaten Purwakarta yang AKI nya tinggi yaitu Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Bungursari, Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Darangdan. Selain itu, terdapat beberapa Kecamatan di Kabupaten Purwakarta yang memiliki AKB nya tinggi yaitu Kecamatan Darangdan, Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Plered dan Kecamatan Kiarapedes.

Ambu Anne berharap ntuk ke depannya agar bisa di evaluasi oleh masing-masing Puskesmas terkait permasalahan ini, sehingga AKI dan AKB ini dapat dibantu dan diatasi oleh Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua IDI beserta jajaran, Dokter Spesialis di Kabupaten Purwakarta, dan diikuti secara virtual oleh Kepala Puskesmas se-Kab Purwakarta, Kepala OPD se-Kabupaten Purwakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here