UBP Karawang Terapkan Kurikulum Paradigma Outcome Based Education (OBE)

0
4

Karawang-Paradigma Outcome Based Education (OBE) Pada hari ini, Selasa (26/1/ 2021) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Kabupaten Karawang menyelenggarakan webinar dengan tema kurikulum berbasis paradigma Outcome Based Education (OBE).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan dan dosen UBP Karawang, dengan pembicara DR. Ir. Syamsul Arifin, MT. yang merupakan tim ahli pengembang kurikulum Kemendikbud dan merupakan dosen ITS Surabaya.

Rektor UBP Karawang, Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM, Mengatakan Kegiatan ini wajib untuk diikuti oleh seluruh dosen dan pimpinan. Kegiatan ini memiliki capaian agar dosen mampu mendesain dan mengembangkan kurikulum pendidikan tinggi dengan implementasi BKP_MBKM sesuai dengan KKNI dan SN Dikti dengan paradigma OBE. Terlebih bahwa UBP Karawang berniat untuk menuju proses akreditasi internasional.

OBE adalah pendekatan dalam sistem pendidikan dengan fokus yang jelas dan mengatur segala sesuatu dalam sistem pendidikan sehingga kemampuan apa yang penting bagi mahasiswa dapat dilakukan pada akhir pengalaman belajar.

Pada saat ini memang UBP Karawang sudah mengembangkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka berdasarkan Peraturan Rektor No. 006 Tahun 2020 tgl. 17-10-2020 tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di UBP Karawang dan SK Rektor No. 008/R/SK/2021 tgl.14-01-2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UBP Karawang.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Kemendikbud agar perguruan tinggi melakukan langkah-langkah inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran.

Selanjutnya menurut Ketua Panitia Dr. H. Puji Isyanto, SE., MM yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik UBP Karawang, bahwa kegiatan ini sangat bermafaat dan dosen sangat antusias karena mendapatkan hal-hal yang baru dalam pembelajaran. Kegiatan Webinar Paradigma Outcome Based Education ini akan ditindaklanjuti dengan beberapa kegiatan lanjutan sehingga kesiapan menuju proses akreditasi internasional akan terwujud dengan tahapan yang jelas .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here