2021 Dapat Anggarkan 5 M, Dinas Koperasi dan UMKM Karawang Hanya Mampu Suport 8 Koperasi

0
91

Karawang, BeritaNet – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Ade Sudiana memaparkan rencana kegiatan di tahun 2021.

Salah satunya program itu adalah memberikan pelatihan terhadap pelaku UMKM dan pengadaan barang sebagai suporting UMKM di tahun 2021, itupun hanya dapat memenuhi sebanyak 8 Koperasi, padahal terdapat sebanyak 1086 koperasi yang terdata di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang.

Pasalnya, ploting anggaran di Dinas yang dipimpinnya dinilai kecil, sehingga program di Dinas Koperasi dan UMKM dibatasi.

“Program kerja di tahun 2021 paling pelatihan kepada pelaku UMKM, dan memberi bantuan alat – alat yang diperlukan, contoh alat iris keripik dan tumbuk Kopi,” ujar Ade Sudiana saat diwawancara BeritaNet.com dikantornya, Senin (28/12).

“Pemberian bantuan alatpun kita cuman bisa berikan kepada 8 Koperasi saja, dari 1086 Koperasi yang terdata di Dinas kami,” imbuhnya.

Ade juga menyampaikan bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah pusat juga hanya berbentuk pelatihan.

“Batuan dari pusat untuk tahun 2021 kita dapatkan non fisik sebesar 390 juta saja, dari DAK,” katanya.

Kendati demikian, Ade mengaku optimis dapat membantu meringankan para pelaku UMKM dengan memaksimalkan ketersediaan anggaran yang ada.

“Yah mau bagaimana lagi, apalagi kan saat ini sedang COVID-19, berdampak juga terhadap Pendapatan Daerah yang menurun,” katanya.

“Kita juga membantu kepada 50 pelaku UMKM kita beri bantuan kemasan sebanyak 500 pc, dan memfasilitasi sertifikasi halal dan Pangan industri Rumah Tangga (PIRT),” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here