Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang Berhasil Meraih Pedikat WBBM  dari Kemenpan RB

0

KARAWANG-Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penyerahaan penghargaan diberikan oleh Menpan RB kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang secara daring, Senin (21/12/2020).

 

Predikat WBBM merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemenpan RB kepada satker yang dinilai berhasil merealisasikan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta berorientasi terhadap kepuasan pelayanan bagi masyarakat. Penghargaan ini menggenapi predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah diraih tahun 2019.

 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang, Winarko, bersyukur dan bangga terhadap predikat WBBM yang telah diraih. Winarko mengatakan, secara garis besar Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang telah melakukan dua perubahan besar. Pertama, perubahan pola pikir pegawai. Kedua, peningkatan kualitas pelayanan dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

 

Dalam proses pembangunan ZI yang dilakukan, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang telah menghadirkan delapan layanan inovasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pengurusan dokumen keimigrasiannya. Seluruh layanan inovasi terbagi menjadi lima layanan inovasi WBK dan tiga layanan inovasi WBBM.

 

Kelima layanan inovasi WBK tersebut adalah, Layanan Pengambilan Paspor di Hari Sabtu (MiKa Sapatu), Layanan Ruang Ramah HAM dan Layanan Pengiriman Paspor ke Alamat. Kemudian, Layanan Paspor Jemput Bola serta Layanan Paspor Emergency Call 24/7.

 

“Sementara itu, untuk layanan inovasi WBBM diantaranya, Sistem Pelaporan Paspor Hilang dan Paspor Rusak (MiKa Palang-Pasak), Sistem Pelaporan Data Tenaga Kerja Asing (MiKa Sparta) serta Sistem Pelaporan Orang Asing (MiKa Semprong). Seluruh layanan inovasi dapat diakses dengan mengunjungi laman kanimkarawang.kemenkumham.go.id,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here