Karawang- Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan para pencinta ikan hias di Tanah Air untuk mengikuti lomba Koi Show, di Techno Mart Galuh Mas, Karawang Jawa Barat, yang akan digelar selama dua hari , dari tanggal 12- 13 Desember 2020.

Di mana sekitar lebih dari 2000 Ikan Koi dari berbagai varietas yang akan mengikuti lomba dari berbagai daerah di Tanah Air ini.

Ketua Komunitas Koi Karawang, Yerri Sosiawan mengatakan kontes ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Karawang dan membutuhkan persiapan yang sangat matang. Mengingat ikan Koi merupakan ikan yang bernilai tidak murah dan juga ikan primadona di pasar internasional.

Sehingga menurutnya, ada banyak hal - hal detail yang harus dilakukan oleh panitia seperti menjaga kadar air, dan pergantian gas, agar ikan - ikan ini tetap dalam keadaan segar dan sehat selama kontes berlangsung.

Dan karena kontes digelar di tengah Pandemi Covid - 19 seperti saat ini, pihak panitia pun terang Yerri, harus membatasi komunitas yang akan mengikuti lomba termasuk juga membatasi jumlah pengunjung.

"Namun tidak untuk peserta lombanya, yakni, ikan Koi. Kontes digelar sesuai aturan Covid -19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya.

"Alhamdulillah kita sudah mendapatkan ijin rekomendasi , Kita akan berlakukan dua lapis prokes, oleh pihak Techno Mart, dan kedua oleh panitia," kata Yerri lagi saat ditemui Onediginews di Techno Mart, Jumat (12/12/2020).

Sekilas ia pun mengulas, Kontes ikan Koi ini akan melombakan beberapa kriteria yang menjadi nilai - nilai dari perlombaan, diantaranya adalah body shape, pola, dan kecerahan warnanya.

"Dan untuk penjurian, kita menyediakan beberapa orang juri dari Koi's Indonesia, yakni organisasi pecinta ikan Koi di Indonesia," imbuhnya.

"Setidaknya dengan agenda ini, kita membawa harum nama Kabupaten Karawang, dan tentunya kontes ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pencinta maupun penghobi ikan," tutur Yerri lebih lanjut.

Ditempat yang sama Panitia kontes ikan Koi Karawang, Fajri menuturkan komunitas pecinta ikan Koi ini sudah terbentuk sejak tahun 2015 dengan sekitar 14000an anggota komunitas ,meski untuk kontes atau perlombaan hanyabbaru dilaksanakan dua kali. Ditahun 2019 dan 2020.

Lebih lanjut Fajri mengatakan meski ditengah pandemi Covid -19, namun justru minat masyarakat untuk memelihara ikan Koi ini semakin tinggi. Pasalnya, ada kepuasan dan kenyamanan tersendiri ketika memelihara ikan yang tergolong mahal tersebut.

"Apalagi ketika kita harus bekerja dirumah atau Work From Home (WFH), ikan - ikan Koi ini bisa dijadikan teman sebagai obat kebosanan, sehingga kami memastikan komunitas pecinta ikan Koi ditengah pandemi ini justru akan semakin bertambah," ujarnya.

"Dan kami Insya Allah akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pecinta ikan Koi di Kabupaten Karawang ini, serta mengakomodir show - show berikutnya di luar kota," pungkasnya.(NN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here