Konsep Membangun Desa Pinayungan Menurut H Yusup Saputra (Lurah Gudel) 

0

Karawang, BeritaNet – Konsep membangun secara komfrehensif adalah suatu keniscayaan yang harus diterapkan di Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur.

Pasalnya, Desa Pinayungan terletak di pusat kota dan masuk kedalam zona kawasan idustri di Karawang, berdampak kepada meningkatnya dinamika perekonomin, sehingga dapat menarik kaum urban datang dan hidup disanah. Agar dapat terkendali, perlu pemimpin yang ideal dan berwibawa.

Hal tersebut dikatakan tokoh masyarakat Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur H Yusup Saputra, saat mengawali perbincangan dengan BeritaNet.com, seputar konsep membangun Desa Pinayungan versi dirinya.

“Kompleksitas tangtangan pembangunan di Desa Pinayungan sangan tinggi, indikasinya adalah wilayah Pinayungan yang strategis, berada di pusat kota dan dekat dengan Kawasan, sehingga diminati kaum urban untuk datang kesinih untuk mencari pekerjaan,” ujar pria yang akrab disapa Lurah Gudel, karena pernah menjabat Kepala Desa Pinayungan Dua Periode, dikediamannya, Kamis (13/11).

Impact dari kondisi itu, kata Lurah Gudel akan berpengaruh kepada berubahanya tatanan ekonomi, budaya dan sosial.

Merespon analisis tersebut, maka diperlukan pemimpin yang punya pemikiran dan wawasan yang luas, serta pentokohan karena karakter masyarakatnya yang hegemoni.

“Pelu pemimpin yang cerdas, berkarakter, punya pemikiran yang luas dan inovatif serta komunikatif dengan lapisan masyarakat manapun,” katanya.

Disinggung soal kinerja Pemimpin di Desa Pinayungan sekarang, serta dampaknya terhadap kemajuan Desa itu sendiri, dinilai Lurah Gudel cukup baik.

“Namun kondisi dari sosial budaya maupun ekonomi di Pinayungan saat ini sudah berubah, hal itu dipengaruhi oleh banyaknya kaum urban yang masuk, atas kondisi itu, perlu karakter pemimpin yang lebih bisa dinamis dan bersahaja gampang diajak komunikasi, serta mempunyai wibawa agar disegani oleh anak buah, dapat memberi contoh dengan prilaku dan sikap agar diikuti anak buah,” katanya.

Teori kepemimpinan yang pernah Lurah Gudel terapkan pada saat ia menjabat sebagai Lurah disanah sangat efektif, terbukti ia mampu memimpin dua periode dan sampai saat ini masih banyak simpatisannya yang masih loyal terhadapnya.

“Kalau dijaman saya dulu, sebelum saya menyuruh bawahan, saya kerjakan dulu sendiri, dengan otomatis anak buah akan melihat dan malu jika ia tidak ikuti apa yang saya kerjakan, begitupun sikap kepada masyarakat yang harus responship, karena sejatinya pemimpin adalah pelayan rakyat,” tandasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here