PURWAKARTA- Berlokasi di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, bansos, hari ini Ambu Anne Ratna Mustika mengikuti kegiatan Program Perluasan Kesempatan kerja pelatihan wirausaha baru dan penyerahan bantuan barang bagi pekerja formal yang di rumahkan dan korban PHK terdampak COVID-19.

Sejak adanya pandemi Covid-19 mulai dari bulan Maret hingga November 2020, jumlah warga yang terpapar Covid-19 masih fluktuatif. Hal ini menjadi permasalahan khususnya di Kabupaten Purwakarta. Dalam merespon permasalahan ini, Pemerintah Kabupaten Purwakarta membentuk berbagai regulasi diantaranya PSBM, PSBB, Bansos berupa beras, serta Bantuan Langsung Tunai berupa Uang.

Adapun dampak negatifnya berpengaruh bagi para pekerja. Banyak pekerja yang diminta untuk WFH, dirumahkan tanpa upah, hingga di PHK secara sepihak dan tanpa pesangon. Mayoritas pekerja yang di PHK berada pada kategori usia 15-29 tahun (angkatan kerja muda). Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus menerus melakukan perluasan kesempatan kerja di berbagai sektor. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi pengangguran, penyediaan lapangan kerja dan meningkatkan peluang usaha bagi masyarakat dengan mengoptimalkan potensi daerah ada baik itu SDA maupun SDM.

Pemerintah merumuskan solusi terbaik bagi permasalahan ketenagakerjaan, mulai dari regulasi dan kebijakan bagi penganggur dan setengah penganggur hingga pemberian bantuan bagi masyarakat dalam bentuk pelatihan, pemberian bantuan barang maupun pemberian bantuan finansial. Program ini disebut kesempatan kerja.

Dalam kegiatan ini Ambu Anne juga memberikan 1 paket peralatan konveksi dan 1 paket peralatan digital printing bagi pekerja formal yang dirumahkan dan korban PHK terdampak Covid-19. Semoga program ini menjadi penyemangat bagi pekerja yang terdampak Covid-19 untuk terus berkarya guna dan berdaya guna mewujudkan Purwakarta Istimewa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPC SPSI Kabupaten Purwakarta, ketua PC SPSI Kabupaten Purwakarta, ketua LP3 (Lembaga Pemberdayaan Pekerja Perempuan) Kabupaten Purwakarta, pengurus PC SPSI Kabupaten Purwakarta, kepala Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, seluruh penerima bantuan, seluruh pekerja formal yang dirumahkan dan korban PHK terdampak COVID-19.(Dedy/berita-net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here