Purwakarta- Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri kegiatan video conference Acara Pembukaan Pelatihan Reparatir alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) dan Kickoff Pelatihan 1.000 Juru Timbang dan Reparatir di Kabupaten Purwakarta dan Nasional dilaksanakan di Bale Paseban.

Kementerian Perdagangan terus berupaya mewujudkan “Satu Nusa Satu Ukuran”, dimana belanja satu kilogram gula di Kabupaten Purwakarta akan sama dengan belanja 1 kilogram daging ayam di Pasar Mama-Mama di Jayapura, Papua.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, menyampaikan bahwa di masa pandemi COVID-19 ini, kita mengalami perlambatan di sektor perekonomian dimana pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun akan masih berusaha bergerak positif. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir menguncang sektor riil termasuk di dalam sektor tenaga kerja yang pada gilirannya melemahkan daya beli masyarakat Indonesia. Namun penurunan daya beli masyarakat Indonesia perlu disikapi dengan tetap menjaga bahwa masyarakat memperoleh barang dan jasa tepat ukuran, tepat mutu, tepat waktu dan tepat kuantitas. “Pelatihan Reparatir alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) dan Kickoff Pelatihan 1000 Juru Timbang dan Reparatir secara Nasional” nantinya tidak hanya membantu pencapaian sasaran tertib ukur, tetapi juga membantu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penciptaan lapangan pekerjaan dalam bidang jasa usaha reparasi alat ukur, dan ini sejalan dengan Visi Bapak Presiden untuk mendorong pengembangan SDM Indonesia untuk mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju.

Ambu Anne Ratna Mustika (Bupati Purwakarta) menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Kementerian Perdagangan bagi kemajuan pengembangan Metrologi Legal di Kabupaten Purwakarta. Program Ceu ATI (Cek Ukuran Akurasi Timbangan) merupakan terobosan dari Kabupaten Purwakarta. UPTD Metrologi Legal Kabupaten Purwakarta telah beroperasi sejak Februari tahun 2020 tentang alat UTTP kepada pedangan di pasar dan pelaku usaha lainnya yang menggunakan alat ukur sebagai alat transaksi. Dengan kemampuan 6 orang tenaga, UPTD Metrologi Legal Kabupaten Purwakarta dapat melayani dengan 14.020 alat UTTP yang tersebar di pasar, toko, warung dan 54 SPBU di Wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kabupaten Purwakarta menggandeng ibu-ibu PKK untuk menyuarakan kepedulian terhadap ukuran, takaran, dan timbangan pada saat berbelanja di pasar. Terobosan selanjutnya, Purwakarta lakukan adalah optimalisasi tenaga honorer yang saat ini berjumlah 32 orang dengan memberikan pelatihan dan pembekalan teknis khususnya di bidang reparasi UTTP yang saat ini sedang dilakukan. Walaupun UPTD Metrologi Legal Kabupaten Purwakarta baru beroperasional, kami akan terus mengembangkan metrologi legal sehingga Kabupaten Purwakarta dapat menjadi Daerah “Tertib Ukur.”

Purwakarta menjadi titik awal dimana diharapkan lebih dari 1.000 tenaga juru timbang dan reparatir secara nasional akan dapat dilatih dalam waktu yang tidak lama. Sehingga di akhir tahun 2021 target tersebut dapat tercapai. Pengembangan kompetensi Juru Timbang dan reparatir diharapkan dapat menjadi bagian dari peningkatan tata kelola manajemen pasar dan tentunya peningkatan tertib ukur.” pungkas Rusmin.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta, Karliati Juanda mengatakan pembekalan teknis melalui pelatihan reparatir yang dilaksanakan hari ini selama 3 hari di Purwakarta ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam membantu peningkatan pelayanan tera dan tera ulang bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta. Selain itu, pelatihan reparatir ini dapat meningkatkan skill/keterampilan bagi tenaga honorer yang ada dilingkup DKUPP yang pada akhirnya menciptakan lapangan kerja bagi peserta pelatihan untuk bekal di masa depan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kementrian Perdagangan RI, Sekretaris Jendral Kementrian Perdagangan, Direktur Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementrian Perdagangan, Direktur Metrologi Ditjen PKTN Kementrian Perdagangan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Kabupaten Purwakarta, dan Seluruh Kepala Unit Metrologi se-Indonesia, Sahabat Metrologi se-Nusantara, Para Peserta dan Pelatih UTTP, beserta tamu undangan lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here