Pelayanan Berbasis Digital, Bapenda Karawang Kenalkan Tiga Sistem Aplikasi Online

0
69

Karawang, BeritaNet – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karawang perkenalkan tiga sistem aplikasi pelayanan publik berbasis online.
Selain bertujuan memudahkan dalam pelayanan, aplikasi yang diluncurkan Bapenda Karawang adalah untuk merespon tuntutan jaman yang saat ini serba digitalis.

“Merespon perubahan jaman, dimana saat ini sudah memasuki kepada era 4.0, dimana digitalisasi menjadi sebuah keniscayaan dalam melakukan aktivitas, maka Bapenda Karawang meluncurkan tiga sistem aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat dalam menjaring informasi maupun melakukan transaksi pembayaran pajak secara Online,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Karawang Hadis Herdiana kepada BeritaNet.com dikantornya, Senin (26/10).

Adapun kata Hadis, tiga Aplikasi yang dimaksud, nama dan masing – masing fungsi atau kegunaannya, dijelaskan secara detail agar mudah dipahami.

“Yang pertama ada aplikasi Sobat, sistem online itu untuk pembayaran BPHTB dan terintegrasi khusus terhadap wajib pajak manual dan serta terakses krpada BPN dan BJB. Yang ke Dua Aplikasi Sistem imformasi Pajak Daerah Lainnya (Sipadi) merupakan Aplikasi pelayanan pembayaran Pajak Daerah lainnya diluar PBB dan BPHTB seperti pajak Hotel, Restoran dan 7 sumber pajak lainnya,” jelasnya.

“Yang ke Tiga ada Aplikasi Updating Sismeop, sistem pajak online untuk PBB, dan ini sifatnya hanya informatif saja, misal ingin tahu soal tunggakan atau ingun tahu apakah pembayaran sudah masuk bisa dilihat di alamat link yang bisa di akses adalah Cekpbbkarawangkab.go.id,” imbuhnya.

Kemudahan pelayanan berbasis online ini juga diharapkan Hadis, bisa meminimalisir pandangan masyarakat atas hal – hal negatif karena keterbukaan informasi dapat didapat masyarakat seluas – luasnya.

“Masyarakat saat ini rata – rata pake Android, mereka bisa melakukan transaksi pembayaran pajak secara online dan mengakses informasi seputar pajak, inilah bentuk dari transparansi Bapenda Karawang, ini juga sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19, karena masyarakat tidak perlu datang dan mengantri di kantor Bapenda,” tandasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here