Nihil Penanganan Pelanggaran? Integritas Bawaslu Karawang Dipertanyakan

0
21

Karawang, BeritaNet – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang dinilai tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas pemilu, bahkan diduga ada indikasi Bawaslu memihak salah satu Paslon peserta Pilkada Karawang tahun 2020.

Atas hal itu, pengamat politik sekaligus praktisi hukum Asep Agustian, S.H, M.H mempertanyakan integritas Bawaslu Kabupaten Karawang sebagai lembaga pengawas pemilu yang harus mempunyai prinsip netral.

“Di dalam Bawaslu itu orang yang ngerti aturan, jangan berat sebelah dong, kalau ada pelanggaran baik itu nomor 1, nomor 2 atau nomor 3 tindak jangan tebang pilih,” tegas pria yang akrab disapa Asep Kuncir (Askun) saat diwawancara awak media dikantornya, Senin (26/10).

Indikasi keberpihakan Bawaslu kepada salah satu paslon dijelaskan Askun, terlihat dari banyaknya pemberitaan di media sosial bahwa ada ASN yang mengumpulkan massa di rumahnya untuk diarahkan mendukung salah satu Paslon. Belum lagi soal keberpihakan kepala Desa kepada petahana namun, faktanya nihil penindakan.

“Harusnya itu laporan informasi sebagai langkah awal Bawaslu untuk melakukan investigasi, apakah benar terjadi atau tidak, jangan menunggu saja ada laporan, dari masyarakat,” tegas Askun.

Sudah dijelas diatur di UU nomor 7 tahun 2017 bahwa ASN, anggota TNI, Polri, Kepala desa, perangkat desa ataupun BPD yang terlibat dalam pelaksanaan atau tim kampanye dapat dipidana dengan kurungan 1 tahun dan denda 12 juta.

Jika Bawaslu tidak bisa menindak bahkan terkesan tebang pilih dalam melaksanakan tugasnya itu tidak benar.

“Kalau seperti ini terlihat seperti ada keberpihakan tidak seimbang,” tegasnya.

Kembali menyoal terkait kinerja Bawaslu Karawang, Askun menilai ada yang berbeda dengan kinerja Bawaslu saat ini, hal itu sangat terlihat dengan tidak tegasnya Bawaslu kepada salah satu Paslon.

“Apa ada komitmen atau tekanan saya tidak tau, tapi berbeda sekali dengan Pilkada 2015 kinerja Bawaslu dengan Pilkada sekarang,” pukasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here