Kreativitas Seni Terlahir Dari Sentuhan Tangan Seorang Designer Interior Chandra Tandi

0

KARAWANG-Seni dapat terlahir dari berbagai macam bentuk, kondisi dan suasana hati. Sebuah karya seni yang mengusung keindahan kostum dari berbagai filosofi ini, terlahir dari sentuhan tangan seorang designer interior Chandra Tandi, S.Sn. Awalnya ia hanya main-main, membuat kostum untuk penampilan anak-anak pada saat acara kemerdekaan, namun seiring berjalannya waktu kostum-kostum tersebut lahir bukan hanya untuk sekedar iseng, namun menjadi kreatifitas yang mahal.

Kostum-kostum karyanya sering ditampilkan dalam berbagai acara di mall dan pameran. Ia mengikuti permintaan klien yang ingin menampilkan kostum-kostum tersebut. Seperti saat acara malam tahun baru di sebuah kawasan perumahan elit di Karawang. Dengan mengusung tema 5 elemen kehidupan manusia menurut filsafah bangsa Chinese, ia menyuguhkan 5 karya dengan 5 unsur api, tanah, logam, air dan kayu. Kostum-kostum tersebut dikemas dengan warna yang berbeda sesuai dengan symbol yang terkandung di dalamnya. Api dilambangkan dengan warna orange dan merah menyala, tanah berwarna cokelat, logam berwarna emas berkilau, air berwarna biru, dan kayu berwarna hijau sebagai symbol kesuburan tanaman.

Kelak ia berharap kostum-kostumnya dapat ditampilkan di ajang-ajang nasional bahkan dunia. “Kostum yang saya buat ini merupakan jenis kostum karnaval yang biasa dipakai untuk kebutuhan performance. Lebih condong ke national costume, karena unsur seni nya ada, filosofinya juga ada, dan saya mempergunakan bahan-bahan yang harganya murah tapi berkelas dan dari sisi art nya kelihatan. Semoga karya-karya saya ini bisa lebih dikenal dan dicintai masyarakat.” Tutur Chandra.

Ia juga akan bergabung dengan komunitas Fashion Designer Indonesia dengan kategori kostum carnival. Komunitas FDI yang diketuai oleh Yus Octavia ini merupakan komunitas yang anggotanya terdiri dari para desainer di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis karya desain. Mulai dari kain-kain nusantara seperti batik, tenun, songket dan lain lain, busana casual, party dress dan lain sebagainya. FDI juga pernah menggelar acara fashion show yang menampilkan karya-karya desainernya di Karawang selama beberapa kali yaitu di Kartika Residence, Sentraland Karawang dan Mall KCP Galuh Mas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here