Heri Dinata Mengubah Lahan Kosong Menjadi Wisata Kreatif

0
156

Heri Dinata memanfaatkan Lahan Kosong yang terbengkalai dikembangkan usaha kreatif

 

 Karawang-Sosok seorang Heri Dinata yang kini bergelut di bidang wisata kincir angin Mini kini menjadi inspirasi bagi kaum milenial mengembangkan usaha ekonomi kreatif dengan menggunakan lahan kosong kini menjadi tempat wisata buatan yang di namakan Marigold Garden.

Pada setahun yang silam Heri Dinata yang sehari hari bekerja di perusahaan swasta saat itu juga bergelut di bidang pertanian dengan mengeksplorasi lahan kosong seluas 1 hektar berlokasi di Desa tamelang kecamatan Purwasari jadikan kebun aneka sayuran yang bermanfaat bagi warga sekitar .Bersama masyarakat sekitar Heri Dinata mengubah lahan tidur bekas kebun singkong yang terbengkalai.

 Lahan kosong seluas satu hektar persegi ini sudah Beberapa tahun menjadi semak belukar dan di jadikan tempat sampah liar oleh sebagian masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

Dilahan kosong ini Heri dinata menanam sayuran,buah buahan dan aneka bunga menanam  Untuk bunga sendirilebih banyak menanam jenis Marigold. dalam menanam ini kami berikan sara Edukasi bercocok tanam bagi anak usia sekolah  diajarkan seperti menyemai benih sayur atau bunga.

Saat Pendemi Covid 19 semua perekonomian yang di negeri ini mengalami angka penurunan yang drastis,termasuk usaha pertaniaan yang di jalani Heri Dinata, harga pupuk Dan bibit melonjak tinggi.saat itulah Heri Dinata berpikir keras untuk mengolah lahan yang ada agar bisa bermanfaat dengan tidak mengeluarkan Biaya yang tinggi.

Lahan yang sangat sayang sekali tidak dikelola Kembali Tiba tiba ada terinspirasi membuat kincir angin yang Bisa tidak memerlukan perawatan yang tinggi saat musim kemarau.Ada 13 ribu kincir angin yang di pasang di namakan Marigold Garden.

Kini Marigold Garden sebagai wahana baru di karawang  ramai di kunjungi saat hari pekan hari Sabtu Dan Minggu.Lokasi  ini sempat viral di media sosial menjadikan orang jadikan penasaran akan Kincir angin warna warni hasil karya Heri Dinata.

Heri Dinata terus mengembangkan usaha wisata dengan memberikan wahana Selfi dan fasilitas umum seperti parkir, mushola, toilet dan kulineragar pengunjung lebih aman dan nyaman.Kami menerapkan protokol kesehatan Covid 19 sesuai anjuran pemerintah menyediakan tempat cuci tangan,handtaizer, Cek suhu kepada pengunjung.Serta himbauan Managament melalui visualisasi berbentuk spanduk dan himbauan audio mp3 ditayang berulang-ulang dalam sosialisasi protokol kesehatan ke pengunjung

Usaha ekonomi wisata kreatif yang di jalani Heri Dinata memerlukan biaya yang besar berharap pemerintah daerah dan perusahaan swasta dan memberikan sumbangsih terhadap pelaku wisata lokal yang ada di Karawang.

Terjalinnya kerjasama dan silahturahim antara Satgas Citarum Harum 19 Sub Sektor 12 Purwasari dengan perangkat desa Tamelang beserta  warga sekitar Bantaran sungai irigasi Tarum timur jadi lebih mengutamakan saling peduli dan penuh kekeluargaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here