Karawang-Untuk memepertahankan nilai budaya dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, seniman Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari berhasil membuat golok Purwasari Sabeudeur Karawang (Pusaka) yang nantinya akan dijadikan monumen di halaman kantor Camat Purwasari.

Camat Purwasari Rohmana Setiansyah mengatakan, budaya menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa. “Seperti apa yang disampaikan Bung Karno bahwa jangan pernah melupakan sejarah, apalagi kemerdekaan bangsa ini didapat dengan susah payah yang dilakukan para pejuang kita terdahulu,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Selasa (18/8).

Ia menambahkan, pada pelaksanaan upacara HUT RI k3-75, seniman warga Desa Sukasari berhasil membuat golok yang berukuran 6,5 meter dengan berat kurang lebih tiga kwintal. “Pada upacara kemarin kita perkenalkan langsung dan alhamdulillah bupati pun hadir,” tambahnya.

Ia mengaku, pihaknya berencana golok Pusaka tersebut akan dijadikan monumen yang dipasang di halaman kantor Camat Purwasari yang dikelilingi dengan kolam ikan. “Selain indah, tentunya ini akan menjadi nilai sejarah. Dimana golok ini menjadi salah satu alat sejarah kemerdekaan Indonesia yang digunakan untuk membuat bambu runcing dan peralatan perang pada zaman itu,” akunya.

Sementara itu, Seniman warga Desa Sukasari Asep mengungkapkan, perannya sebagai budayawan tentunya bisa dikembangkan dan bekerjasama dengan pemerintah di wilayah Purwasari. “Anggap saja kemampuan yang kita miliki saat ini bisa ikut membangun di wilayah kita sendiri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here