Bandung- Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Wiwin Sariningsih (40)  asal Kabupaten Bandung,mendapat perlakukan  tidak manusiawi dari majikannya di Arab Saudi ,hanya hal sepele tidak mengerti bahasa arab.Perlakuan majikan terjadi setiap saat karena kurang mengerti bahasa.

Garda BMI Jabar, Ali Abdurahman menerangkan perlakukan tidak manusia TKI asal Desa Ibun,Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.Didapat dari keterangan anaknya di kampung melalui video yang dikirimkan ibunya di Riyadh Saudi Arabia.

“Laporan adanya perlakuan tidak manusia dari majikan dari keterangan video yang dikirimkan kepada anaknya,” Ali, Kamis (9/7).

Dia me jelaskan dari keterangan tersebut terungkap bahwa TKI asal Kabupaten Bandung tersebut tidak cakap dalam bahasa Arab, sehingga sering terjadi komunikasi dan mendapat perlakukan tidak manusiawi dari majikan.

“Baru bekerja empat bulan, dalam bahasa arab tidak cakap,” jelas.

Dari data yang diterima BMI, kata Ali TKI Wiwin diberangkatkan oleh salah satu PJTKI dan dipekerjakan oleh agency Tap Gulf Riyadh Arab Saudi pada Pebruari 2020. Dan baru bekerja 4 bulan diduga keberangkatnya TKI asal Desa Ibun,Kecamatan Majalaya tersebut ilegal .

“TKW tersebut diberangkatkan salahsatu P3MI yang justru telah dicabut izinnya serta perusahaan yang mempunyai banyak masalah,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here