Perlengkapan wajib Saat Bersepeda Untuk Meningkatkan Kenyamanan dan Keselamatan

0
61

Terkadang banyak orang bersepeda tanpa persiapan dan perlengkapan bersepeda yang lengkap.

Padahal perlengkapan bersepeda harus sangat diperhatikan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan, serta mencegah cidera dalam bersepeda. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan kelengkapan dalam bersepeda.

Ada 7 perlengkapan penting bersepeda yang dapat Anda gunakan untuk menunjang performa ketika bersepeda

1. Helm
Helm khusus bersepeda adalah perlengkapan nomor satu saat bersepeda. Helm mencegah cidera fatal pada kepala akibat kecelakaan. Pilihlah helm yang sesuai ukuran kepala Anda dan kenakan dengan benar.

2. Celana Pendek
Bike short yang baik tidak memiliki jahitan di bagian kelangkang dan beberapa memiliki alas khusus untuk mengurangi gesekan dan ketidaknyamanan. Bahan celana harus yang lentur mengikuti gerakan Anda dan tidak telipat saat bersepeda.

3. Sepatu
Cleated bike shoes teknologi terbaru memiliki semacam gerigi yang bisa mencengkeram atau dikaitkan dengan pedal khusus. Pastikan sepatu Anda sesuai dengan pedal sepeda Anda.

4. Kacamata Atau Pelindung Mata
kacamata atau pelindung mata mampu mencegah angin, sinar matahari, pasir, debu, dan serangga saat bersepeda.

5. Kaos Kaki
kaos kaki merupakan perlengkapan penting bersepeda yang mampu meningkatkan kenyamanan dan mencegah kaki melepuh. Pilihlah kaos kaki yang bahannya mampu mengurangi panas pada kaki dan sebaliknya juga mampu menghangatkan kaki saat udara dingin.

6. Sarung Tangan
Sarung tangan mampu memberikan kenyamanan dan perlindungan pada tangan terutama saat bersepeda jarak jauh, melindungi permukaan tangan saat terjatuh, menambah daya cengkeram pada setang, dan menghangatkan tangan.

7. Bike Jersey
Bike jersey berbahan lentur dan berukuran ketat sehingga mengurangi hambatan angin, mampu menyerap keringat sehingga menjaga tubuh tetap sejuk dan kering, berkerah pendek dan resleting panjang di depan untuk kebutuhan ventilasi yang menyesuaikan suhu, berpotongan panjang dan lebar di bagian belakang dan lebih pendek dan sempit di bagian depan untuk mengakomodir posisi tubuh saat bersepeda, berkantung untuk menyimpan barang, dan berwarna cerah agar terlihat jelas saat di jalan.

Dari beberapa kali bersepeda di ibukota,  benda-benda pelengkap yang harus dimiliki sebelum memutuskan untuk bersepeda di jalan raya.

Mandatory

1. Helm, sebagai pelindung kepala, benda ini wajib untuk dimiliki. Pilih helm yang ukurannya pas dengan kepala, kalau bisa helmnya punya pengencang lagi yang bisa disesuaikan dengan kepala.

2. Goggle/kacamata, pelindung mata. Walaupun kecepatan sepeda adalah jauh dibawah kecepatan motor, tapi dalam kecepatan rendah pun angin dan debu bisa sangat mengganggu, mengganggu pandangan dan merusak konsentrasi.

3. Lampu belakang, flasher. Urutan 1 sampai 3 adalah soal kemananan berkendara, lampu ini pun juga sama demi kemananan. Pesepeda perlu supaya visible di jalan raya apalagi di saat pagi hari. Untuk lampu yang mengarah kebelakang umumnya bercahaya merah dan biasanya dipasang pada seat post.

Sepeda saya tidak memungkinkan untuk dipasang di seat post karena terhalang oleh saddle bag, jadi pasang di bawah saja. Flasher ini bisa diatur kedip nya, ada yang bertenaga baterai ataupun bisa di charge menggunakan kabel USB.

4. Cycling pant, dengan fitting dan padding yang pas. Jok road bike yang umumnya keras bisa sedikit di redam dengan padding. Saya sudah beli dua kali cycling pants, celana yang pertama kali saya beli terasa menyakitkan dan menusuk bagian dalam pantat setelah perjalanan jauh. Celana yang kedua dengan padding yang lebih soft serta sempit ternyata lebih pas.

Untuk yang mandatory bagi saya adalah nomor 1-4 di atas, tapi ada beberapa benda-benda lainnya untuk membuat pengalaman bersepeda lebih aman dan nyaman lagi

Secondary items

5. Cases atau tempat penyimpanan. Benda minimum yang harus dibawa adalah, handphone dan duit secukupnya untuk makan & minum, ID juga penting. Bisa saja menaruh benda-benda tersebut di tas kecil ataupun di armband, tapi kalau bisa di masukan ke case di sepeda, pasti akan lebih nyaman lagi. Kalau saya cukup beli case yang kecil untuk membawa dompet, handphone dan kunci rumah.

6. Bottle cage. Self-explanatory, dengan membawa minum, pesepeda bisa minum dimana saja.

7. Gloves. Gloves untuk bersepeda umumnya seperti half glove untuk glove pemotor, tujuannya untuk memindahkan gigi lebih mudah, saya pernah menggunakan sarung tangan full, ternyata bagian ujung sering terjepit shifter. Sarung tangan pesepeda juga umumnya mempunya bantalan agar menambahkan kenyamanan bersepeda.

8. Tracking equipment. Smartphone masa kini bisa digunakan untuk tracking perjalanan bersepeda, nanti sampai di rumah kita bisa melihat perjalanan kita untuk perbaikan di riding berikutnya. Saat ini ada beberapa aplikasi yang umum digunakan pesepeda, strava, endomondo, runtastic. Saya sendiri menggunakan garmin dengan tambahan speed dan cadence sensor.

9. Sepatu dan pedal khusus untuk bersepeda (clip-in/clipless). Saat ini saya masih belajar untuk naik turun road bike, jadi masih takut untuk memutuskan menggunakan sepatu khusus. Penggunaan sepatu dan pedal khusus bisa meningkatkan performance karena efisiensi tenaga, bukan saja tenaga genjotan turun yang diambil, tapi juga juga ketika kaki naik. Bagi saya walau penggunaan sepatu ini akan meningkatkan performance, tapi ada bahaya yang harus diketahui dan dipelajari, ini adalah untuk pengembangan masa nanti saja.

10. Ban dalam?
Biar pas saya buat sebatas untuk 10 barang. Penting mana antara jas hujan dengan ban dalam serta pompa ban?

Yuk mulai lengkapi diri Anda dengan perlengkapan bersepeda yang benar karena faktor keselamatan adalah yang utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here