Dinkes Karawang Gelar Test Swab Menuju Zona Biru

0

KARAWANG- Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menggelar test swab massal di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 12 puskesmas dengan sasaran nama-nama yabg masuk katagori ODP dan OTG untuk memastikan  hingga penularan virus korona menurun serta untuk mencegah penyebaran Covid-19 dalam menghadapi adaptasi kehidupan baru (AKB).

“Kita gelar test swab massal mulai hari ini, disejumlah puskesmas yang tersebar,” kata Kadinkes Kabupaten Karawang, Nanik  Djojana, Senin (8/6).

Nanik menilai test swab massal.penting digelar dikahir masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua, untuk memestikan Karawang sudah siap melaksanakan Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) ,saat dilakukan evaluasi sudah masuk zona biru.

“Target jumlah OTG dan ODP tidak ada namun kita targetkan Karawang masuk zona biru,” imbuhnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) , kata Nanik, pihaknya menargetkan swab test menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan menyasar data ODP dan OTG sehingga hasil bisa langsung diketahui dalam waktu satu hari. supaya bisa langsung terdeteksi penularannya.

“Kita targetkan, dalam waktu tersisa PSBB tahap dua , supaya terdeteksi penularan korona, karena dalam seminggu terakhir Karawang tidak ada penambahan reaktif ,” kata Nanik.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya meminta partisipasi masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan apalagi saat penerapan AKB harus dibiasakan pola hidup sehat dengan menggunakan masker saat diluar rumah.

“Dalam memasuki masa AKB, rajin mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga imunitas ,” ujarnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here