Mensos Saksikan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Rp150,8 Juta untuk Warga Cikampek

0
74

CIKAMPEK, SABTU (16/05/2020) – Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyaksikan dan menyalurkan secara simbolik bantuan sosial Tunai (BST) kepada 253 KK warga Cikampek, Kabupaten Purwakarta, pagi ini.

Seremoni penyaluran BST dilakukan di Kantor Pos Cikampek, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam berbagai kesempatan Mensos menyatakan bahwa, dalam menangani dampak pandemi Covid-19 terhadap masyarakat miskin dan rentan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial menempuh berbagai program jaring pengaman sosial ( _social safety net_ ).

“Selain meningkatkan jangkauan dan indeks bantuan untuk bansos reguler, kami juga menyalurkan bansos khusus yakni bansos sembako Bantuan Presiden dan BST,” kata Mensos (15/05).

Kemensos mengalokasikan penerima BST di Kabupaten Karawang kepada sebanyak 50.234 KK. Adapun untuk seluruh Provinsi Jawa Barat, BST menjangkau 1.070.758 KK.

BST disalurkan kepada warga miskin dan rentan terdampak Covid-19 di luar Jabodetabek sebanyak 9 juta KK. Mereka adalah KPM di luar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako, dengan indeks bantuan Rp600 ribu/KK/bulan selama tiga bulan, mulai April, Mei, dan Juni 2020.

Distribusi bansos sembako menjangkau 1,9 juta kepala keluarga (KK). Dimana untuk DKI Jakarta menjangkau 1,3 juta KK, dan Kabupaten Bogor, Kota Tangerang dan Tangsel, Depok dan Bekasi (Bodetabek/daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta) menjangkau 600.000 KK.

Rencananya hari ini Mensos juga akan meninjau distribusi Bansos Sembako di Bekasi dan Jakarta Barat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here