Karawang – Sebelum lahirnya sebuah kerajaan dipulau Jawa, terlebihnya leluhur kita menyembah Gunung karena hal itu menyelamatkan dari banjir maka dari itu menganggap gunung sebagai Tuhannya, kemudian Orang2 india berlabuh ke nusantara khususnya pulau Jawa, membawa patung patung dewanya, memperkenalkan pada penduduk tersebut. Hingga mendirikan sebuah kerajaan.

Tentang Tarumanagara setelah salakanegara, salah satu kerajaan tertua dipulau jawa khususnya nusantara.
Dari sebuah analisis radiometri carbon 14 pada artefak yang telah ditemukan di komplek Percandian Batujaya menyebutkan bahwa candi-candi di kompleks ini dibuat pada abad ke-2 hingga abad ke-12, temasuk candi Jiwa. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penemuan prasasti dan , keramik China, votive tablet, dan arca-arca stucco yang ditemukan di kompleks candi Batujaya ini memiliki penanggalan absolute china dan juga bentuk tulisan palografi dari prasasti-prasasti yang ditemukan. Dari beberapa sumber diatas candi Jiwa diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Penelitian awal dilakukan pada tahun 1984 oleh tim Arkeologi dari Fakultas Sastra Indonesia yang saat ini bernama Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Hal ini berdasarkan laporan dari penduduk sekitar yang menemukan benda-benda purbakala di area pesawahan yang tertimbun tanah. Timbunan tersebut disebut “ unur” oleh masyarakat sekitar. Unur juga di kermatkan oleh masyarakat sekitar.

Hingga tahun 2000 telah ditemukan sebanyak 24 situs yang berada di desa tegaljaya dan juga desa Segaran. Dimana terdapat 11 situs yang ditemukan di desa Tegaljaya dan 13 Situs yang berada di desa Segaran. Dan ditahun itu pula dari 24 situs yang ditemukan baru terevakuasi 11 Candi dan misteri pembangunan dari candi-candi tersebut sampai saat ini masih belum jelas terungkap, karena memang tidak banyak sumber yang mengungkapkan asal mula dari candi-candi di situs Batujaya ini. Candi- Candi yang berhasi dievakuasi adalah:
Segaran I (Unur jiwa/Candi Jiwa)Segaran III (Unur Damar)Segaran IVSegaran V (Unur Blandongan/Candi Balndongan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here