JAKARTA – Kasus pasien positif Covid-19 atau virus corona di Indonesia kembali bertambah menjadi 12.776 orang per hari ini, Kamis 7 Mei 2020. Ada penambahan kasus positif sebanyak 338 orang.

“Terkonfirmasi positif 12.776,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat jumpa pers live streaming di Graha BNPB, Jakarta.

Jumlah pasien sembuh juga mengalami penambahan sebanyak 64 orang, sehingga totalnya menjadi 2.381 orang. Untuk kasus meninggal dunia totalnya menjadi 930 orang setelah mengalami penambahan sebanyak 35 orang.

Pemerintah tak pernah henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk melaksanakan upaya pencegahan Covid-19. Mulai dari rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, tidak bepergian ke luar rumah.

Kemudian, memakai masker kalau memang terpaksa ke luar rumah. Menjaga jarak interaksi dengan orang lain atau physical distancing. Tidak mudik, demi mencegah terjadinya penularan virus corona.

Imbauan tersebut bersinggungan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk itu, masyarakat harus mematuhi aturan PSBB.

“PSBB kebutuhan semua masyarakat, bukan kebutuhan pemerintah sehingga harus dikontrol dengan ketat dan memberikan sanksi hanya untuk menjalankan PSBB, tetapi ini kesadaran yang harus tumbuh di masyarakat sendiri yang disiplin dengan keyakinan kuat menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya.

PSBB mulai terlihat efektivitasnya setelah diberlakukan di sejumlah daerah. Misal, di DKI Jakarta sebagaimana diungkapkan Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Anies, tren angka pasien positif mengalami penurunan. Ia optimistis, kalau angka pasien dalam pengawasan (PDP) dan angka kematian terus mengalami menurun, maka situasi Jakarta akan kembali normal.

Kota lainnya ada Tegal, Jawa Tengah, yang statusnya kembali hijau setelah menerapkan PSBB. Tak ada lagi pasien positif virus corona karena dinyatakan sembuh. Masyararatnya juga mulai mematuhi aturan PSBB (di kutip Okezone )
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here